Home PENDIDIKAN Sekolah Islam Terpadu Al Itqon Gelar Market Day, Bangun Karakter Entrepreneur

Sekolah Islam Terpadu Al Itqon Gelar Market Day, Bangun Karakter Entrepreneur

0
SHARE
BERBELANJA: Camat Balaraja Yayat Rohimat (kanan) berbelanja hasil prakarya siswa saat market day Sekolah Islam Terpadu Al Itqon Balaraja, Kabupaten Tangerang, Minggu (23/2). FOTO: M Deden Budiman/Tangerang Ekspres

BALARAJA —  Cuaca mendung Minggu (23/2) pagi tidak menyurutkan semangat siswa Sekolah Islam Terpadu Al Itqon, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang. Para siswa terdiri SDIT Al Itqon dan SMPIT Al Itqon Balaraja yang sibuk menghiasi stand mereka masing-masing untuk persiapan acara tahunan market day.

Aneka makanan disajikan dalam acara market day yang kali ini menghadirkan 47 stand. Seperti stand yang menyajikan aneka jajanan seperti sosis, puding telor ceplok, es dingin selalu, urap ceria serta kue tradisional khas Kecamatan Kresek Tembelor. Semuanya dipatok dengan harga yang sangat murah

Ada juga stand yang menjajakan jengkol balado. Sementara, stand lainnya menjajakan aneka hasil prakarya para siswa. Kerajinan tangan tersebut siswa hasilkan dari kegiatan pembelajaran di sekolah.

”Ada dua pendidikan dalam acara market day kali ini, yakni pendidikan agama dan pendidikan umum,” kata Yayat Rohimat, Camat Balaraja yang mewakili Wakil Bupati Tangerang yang tidak bisa hadir, dalam kata sambutannya.

Dalam hal pendidikan agama, para siswa dididik untuk berdagang dengan cara Islami yang tidak merugikan salah satu pihak. Seperti bunyi surat Annisa ayat 29 yakni ‘Hai orang-orang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu.’

Sementara, dalam pendidikan umumnya, anak-anak diasah kemampuan matematikanya. Anak-anak yang menghitung sendiri transaksi jual beli. ”Ada pembelajaran matematika. Anak-anak terlibat langsung dalam transaksi jual beli,” katanya.
Menjelang siang acara market day semakin meriah. Sejumlah siswa mulai berkeliling menjajakan barang dagangannya.

Sementara itu Direktur Utama Sekolah Islam Terpadu Al Itqon, Qomaruzaman memaparkan, kegiatan market day merupakan salah satu bentuk pembelajaran berniaga kepada seluruh siswa. Karena seluruh siswa terlibat baik dalam merias stand, mempersiapkan barang dagangan serta mereka secara langsung yang menjualnya.

“Keuntungan hasil market day dikumpulkan untuk uang khas mereka di kelas. Kita hanya ingin mengajarkan jiwa wirausaha kepada anak-anak,” terang Qomaruzaman, yang juga Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Tangerang.

Untuk diketahui, kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari. Mulai dari lomba internal sekolah, pelatihan mendongeng dan puncaknya market day dengan stand sebanyak 47. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here