Home TANGERANG HUB Sukses Jalankan Program Sanitasi, Kab.Tangerang Tuan Rumah Sanitasi Summit

Sukses Jalankan Program Sanitasi, Kab.Tangerang Tuan Rumah Sanitasi Summit

0
SHARE
Bupati Tangerang A.Zaki Iskandar (kiri) memaparkan program sanitasi kepada anggota AKKOPSI yang diketaui Syarif Fasha, Walikota Jambi (kanan), di Puspemkab Tangerang, kemarin.

TIGARAKSA-Program Pemkab Tangerang tentang sanitasi pondok pesantren (sanitren), sanitasi sekolah (sanisek), seribu sarana sanitasi (serasi), mencuri perhatian Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI). Rehabilitasi terhadap sarana dan prasarana kebersihan di lingkungan sekolah, ponpes dan rumah warga, dinilai sukses. AKKOPSI pun menunjuk Kabupaten Tangerang menjadi tuan rumah City Sanitation Summit (CSS) ke-XX, Oktober mendatang.

Kemarin, sejumlah bupati dan walikota yang tergabung di dalam AKKOPSI mengunjungi Kabupaten Tangerang. Ketua AKKOPSI Syarif Fasha menilai Pemkab Tangerang sukses dalam program sanitasi. Itu yang menjadi pertimbangan City Sanitation Summit digelar di Kabupaten Tangerang. Ia menyambut baik kesiapan Pemkab Tangerang menjadi tuan rumah agenda sanitasi nasional. Ia menuturkan, ada 9 ageda yang akan dihelat yakni, Loka Karya Tingkat Sekda dan Asda AKKOPSI dan Advokasi dan Horizontal Learning (AHL).

Lalu, City Sanitation Summit (CSS) XX, AKOPSINergi dan Smart Sanitation Award (SSA). Terakhir ada agenda audiensi presiden dan menteri, studi banding dan konferensi serta sinergi kementerian. “Kita juga ada agenda pemberian pengahargaan kepada bupati atau walikota yang berhasil mengentaskan sanitasi di daerahnya,” jelas pria yang juga menjabat Walikota Jambi ini. Usai rapat, rombongan diajak keliling melihat secara langsung program sanitasi berbasis sekolah (sanisek) di SMPN 3 Kabupaten Tangerang. Rombongan juga diajak bercengkrama dengan pengasuh dan pimpinan Pondok Pesantren Darul Tahfiz Kecamatan Jambe yang sudah menikmati program sanitren.

Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar mengatakan, penyelenggaraan 9 agenda AKKOPSI digelar saat hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Tangerang tahun ini. Pemkab menyiapkan dua lokasi yakni di dekat sungai Cisadane, Gading Serpong dan Puspemkab Tangerang. “Ini baru rapat awal bersama Walikota Jambi sebagai Ketua AKKOPSI dan Wakil Ketua dari Bupati Pringsewu. Ada berbagai macam agenda mengenai sanitasi,” katanya kepada Tangerang Ekspres usai rapat di Ruang Solear Gedung Bupati Tangerang lantai 4, Senin (24/2).

Zaki menuturkan, berbagai program sanitasi milik Pemkab Tangerang akan dipamerkan dan dipelajari oleh bupati dan walikota anggotao AKKOPSI. Ia mengatakan, pada 5 tahun lalu Pemkab Tangerang berhasil menyelesaikan program sanitasi berbasis sekolah (sanisek). Adapun, 5 tahun mendatang pemkab mencanangkan program sanitasi berbasis pondok pesantren dan sekolah madrasah (sanitren). “Macam-macam mengenai sanitasi bukan saja sanisek. Tetapi juga sanitasi pondok pesantren dan Gebrak PaKumis atau pengentasan kawasan kumuh dan miskin. Kemudian pengelolaan air bersih dan air minum. Dan ini yang akan kita tampilkan,” jelasnya. (sep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here