Home BANTEN Korban Banjir Bandang Dapat Huntara 

Korban Banjir Bandang Dapat Huntara 

383
0
SHARE

LEBAK – Puluhan warga korban banjir bandang Desa Sukarame, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, mendapatkan bantuan hunian sementara (Huntara) dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang direncanakan dibangun di Kampung Cekdam RT 01/04 di desa setempat.

“Alhamdulillah melalui ACT, telah merealisasikan harapan dari warga Kampung Somang dengan membangun hunian sementara sebanyak 52 unit dan mungkin akan bertambah sebanyak 65 unit di Kampung Cekdam RT 01/04 dekat area wisata yang merupakan tanah desa dengan luas 6000 meter. Rencananya Huntara nantinya akan diisi oleh 65 KK dari warga Desa Sukarame dan Desa Sukajaya,” ungkap Asep Sahrudin, Kades Sukarame, Kecamatan Sajira usai peletakan batu pertama Huntara yang di hadiri Muspika Kecamatan Sajira, Rabu (4/3).

Menurut Asep, ACT bukan hanya membangun huntara namun akan dilengkapi dengan fasilitas lainnya diantaranya masjid, warung, MCK, sampai sekolah.

“Bahkan direncanakan juga warga dibantu sembakonya tiap bulan serta beasiswa bagi siswa yang berprestasi. Program ACT tersebut merupakan program jangka panjang selama warga belum memiliki hunian sendiri dan belum dibayar oleh Waduk Karian,” ujarnya.

Jika warga sudah memiliki rumah sendiri, sambung Asep, maka bekas huntara yang dibuat berbahan kayu akan dijadikan asset desa nantinya dijadikan home stay atau kios untuk menunjang lokasi perkemahan.

“Mudah-mudahan tiga bulan kedepan huntara bisa selesai dan dapat di tempati warga korban banjir bandang. Saya ucapkan banyak terimakasih kepada ACT serta semua pihak yang telah mendukung program huntara ini,” tuturnya.

Sementara itu, Asep Suryadi warga Kampung Somang Desa Sukarame yang merupakan calon penghuni huntara mengaku bersyukur telah mendapatkan pengganti rumahnya yang hanyut terbawa banjir bandang.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Kades dan ACT yang telah berupaya memperhatikan kami selama ini,” ucap Asep.(mg-5/and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here