Home NASIONAL Kasus Positif Covid-19 Jadi Empat

Kasus Positif Covid-19 Jadi Empat

0
SHARE
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto memaparkan ditemukan 2 kasus baru positif Corona. Dua kasus baru ini masih berkaitan dengan dua kasus yang menimpa warga Depok.

JAKARTA-Pencarian orang-orang yang pernah kontak fisik dekat dengan kasus 1 dan 2 Covid-19 membuahkan dua kasus positif lain. Kedua pasien yang disebut dengan kasus 3 dan 4 itu kini menjalani isolasi di RS Penyakit Infeksi Sulianti Saroso. Ada pula lima pasien lain dari kontak dekat kasus 1 yang diisolasi dan berstatus suspect.

Konfirmasi kasus tersebut disampaikan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto di Kantor Presiden kemarin (6/3). Keduanya merupakan kontak dekat dari kasus 1 yang berinteraksi di ruangan dansa yang sama. Temuan keduanya berawal dari contact tracing yang dilakukan terkaiit kasus 1. Sebab, sejak kasus 2 sakit, dia tidak memiliki close contact. Pencarian itu dilakukan oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta dengan melibatkan kepolisian dan BIN. Hasilnya, didapatkan 80 orang yang diduga terlibat dalam kegiatan pada 14 Februari itu. Dari 80 orang itu kemudian dikerucutkan menjadi 20, yang berada satu ruangan dnegan kasus 1.

Dari 20 orang itu didalami lagi sedekat apa interaksinya dengan kasus 1. Hasilnya didapati tujuh orang. ’’Tujuh ini yang kemudian kami bawa semuanya ke rumah sakit, di Saroso,’’ terang Yuri.

Di RS tersebut, ketujuh orang itu diisolasi. Karena menunjukkan gejala fisik yang mengarah pada influenza. Namun bukan influenza berat. Mereka masih tergolong influenza sedang dan ringan. “Kalau panas tidak terlalu tinggi, pilek-pilek sedikit, dan sebagainya,’’ lanjut Yuri. Mereka tidak masuk di hari yang sama.
Mereka menjalani serangkaian tes virus untuk memastikan apakah ada SARS-Cov-2 di dalam saluran pernafasan mereka.

’’Dari 7 orang ini kita dapatkan 2 orang confirm positif (Covid-19) yang kita sebut sebagai kasus nomor 3 dan 4,’’ ungkap pria yang juga menjabat Sekretaris Ditjen P2P Kementerian Kesehatan itu.
Kondisi keduanya secara fisik seperti sakit flu pada umumnya. Suhu badannya menunjukkan angka 37,6 dan 37,7 derajat, mendekati ideal. Masih ada pula keluhan batuk dan pilek tetapi tidak ada sesak nafas. Kondisi mereka terus diintervensi agar membaik. Keduanya WNI, dan masing-masing berusia 33 dan 34.

Yuri menuturkan, lima orang rekan mereka akan melanjutkan masa isolasi untuk memastikan mereka sembuh dari influenzanya. Saat ini, status mereka adalah suspect Covid-19. Bila sudah dipastikan mereka negatif Covid-19, barulah kelima orang itu akan dipulangkan. Pihaknya memilih berhati-hati dan tidak mengambil risiko langsung memulangkan kelima orang tersebut. ’’Karena nanti bisa menjadi subklaster baru seandainya positif,’’ tuturnya.

Di saat yang sama, Yuri juga membantah bahwa satu ABK Diamond Princess positif Covid-19. ’’Diamond Princess masih suspect. Jangan diklaster dulu,’’ ujar Yuri. Sebanyak 68 rekannya sudah dipastikan negatif Covid-19. Sementara, Dia harus mengulang uji virusnya untuk meyakinkan apakah dia positif atau negatif Covid-19.

Begitu pula dengan pasien yang meninggal di RSPI. Yuri menyebut penyebab meninggalnya adalah sepsis bacterial. Pneumonia akibat bakteri. Sementara, hasil uji virus menyatakan negatif. Dia juga tidak ada dalam daftar klaster penyebaran Covid-19. ’’Saya tidak mendapatkan laporan bahwa dia terkonfirmasi coronavirus karena bukan bagian dari klaster ini,’’ ucapnya.

Terkait dengan keberadaan kasus 3 dan 4, pihaknya segera menugaskan Dinas Kesehatan DKI Jakarta untuk melakukan contact tracing. Mencari siapa saja orang-orang yang berhubungan dnegan kasus 3 dan 4 terhitung sejak mereka mulai ada gejala influenza. Bila nanti ditemukan ada suspect baru dari close contact kasus 3 dan 4, maka mereka akan menjadi subkluster. Secara keseluruhan, saat ini ada 11 Suspect Covid-19 yang sedang ditangani. Lima di antaranya adalah close contact kasus 1 dan 2. Satu orang ABK Diamond Princess, dan sisanya tersebar di beberapa tempat. Mereka saat ini masih terus dirawat dan ditunggu hasil uji virusnya. Apakah positif atau negatif.

Sementara itu, kondisi kasus 1 dan 2 sendiri dinyatakan membaik. Pemerintah masih menunggu hasil uji virus terhadap mereka. Bila negatif, mereka akan dirawat dan besok bakal menjalani uji virus lagi. ’’Kalau diperiksa lagi hasilnya negatif, maka ini dinyatakan sembuh,’’ jelasnya.

Prosedur dan kriteria yang sama telah digunakan pula untuk menyatakan sekitar 55 ribu pasien positif Covid-19 sembuh. Mereka semua juga sudah dipulangkan. Karena itu, bila hasil tes kedua negatif, maka kasus 1 dan 2 dinyatakan sembuh dari Covid-19. (jpg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here