Home TANGERANG HUB Bupati Bentuk Tim Kurasakan, ASN Wajib Bawa Tempat Minum

Bupati Bentuk Tim Kurasakan, ASN Wajib Bawa Tempat Minum

0
SHARE
SIAPKAN TEMPAT SAMPAH: Salah satu kecamatan di Kabupaten Tangerang, menyiapkan tempat sampah untuk ditempatkan di tempat-tempat umum. FOTO: Dok. Tangerang Ekspres

TIGARAKSA – Program unggulan Pemkab Tangerang yakni, kurangi sampah kantor (Kurasakan) bakal berjalan efektif. Pasalnya, Bupati Tangerang sudah membentuk dan mengesahkan tim kurasakan yang dinakhodai dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK).

Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan DLHK Kabupaten Tangerang, Dani Hasan Sanusi mengatakan, Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 13 tahun 2019, menjadi landasan tim kurasakan. Ia menerangkan, ada beberapa langkah sebelum melaksanakan tugas pokok dan fungsi tim.

“Kita harus sosialisasi secara internal tim di DLHK agar tahu siapa berbaut apa. Setelahnya baru kita sosialisasi kepada organisasi perangkat daerah (OPD) apa itu kuraskan,” jelasnya kepada Tangerang Ekspres, Senin (9/3).

Dani menerangkan, tanggungjawab tim kurasakan yakni, mensosialisasikan, mengkoordinasikan, merumuskan kebijakan, monitoring dan evaluasi. Ia menjelaskan, dalam tim kurasakan dilibatkan pegawai di unit pelaksana teknis (UPT) sampah.

“Tugas kita ada pada Perbup 13 tahun 2019, yakni pada pasal 5 ayat dua dimana ada empat poin. Untuk perencanaan ada di Bapeda namun pelaksanaan ada di tim kurasakan. Nanti, tidak ada lagi nomenklatur kegiatan makan minum menggunakan bungkus boks. Harus prasmanan,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here