Home NASIONAL Tito: Tunda Perjalanan ke Luar Negeri

Tito: Tunda Perjalanan ke Luar Negeri

0
SHARE
Tito Karnavian, Menteri Dalam Negeri (dua dari kiri). FOTO: Antara

JAKARTA — Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengeluarkan radiogram kepada seluruh pemerintahan di daerah untuk tidak melakukan perjalanan ke luar negeri. Melalui surat dengan nomor 440/2400/SJ tertanggal 13 Maret, intruksi penundaan perjalanan ke luar negeri ditujukan kepada gubernur, bupati, walikota, ketua DPRD provinsi, kabupaten maupun kota se-Indonesia

“Jika tidak sangat urgent (penting) sekali dimohon kepada kepala daerah/wakil kepala daerah, ketua dan anggota DPRD provinsi, kabupaten dan kota beserta pejabat daerah agar menunda perjalanan ke luar negeri untuk menghindari terpapar virus Corona atau Covid-19,” bunyi tulisan yang ditandatangani oleh Tito Karnavian tersebut.

Radiogram itu juga telah dibenarkan oleh Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Bahtiar, pada Ahad (15/3), “Benar (adanya surat tersebut”.

Dalam surat itu juga disebutkan alasan radiogram dikeluarkan berkenaan dengan wabah virus Corona yang oleh organisasi kesehatan dunia (WHO) telah ditetapkan sebagai pandemik global. Terlebih, jumlah kasus Corona di Indonesia juga terus meningkat setiap harinya.

Di tempat terpisah, juru bicara pemerintah untuk penanganan corona, Achmad Yurianto mengapresiasi langkah sejumlah pemerintah daerah dalam menangani kasus covid-19 atau penyakit virus corona.

Ia menyatakan membuka peta daerah penyebaran, seperti yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta misalnya, menjadi kebijakan pemerintah daerah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here