Home TANGERANG HUB Zaki: ‘Jangan Panik, Stok Aman’

Zaki: ‘Jangan Panik, Stok Aman’

0
SHARE
BLUSUKAN: Bupati Tangerang, A. Zaki Iskandar (kedua dari kiri) mengecek stok dan harga kebutuhan pangan di Pasar Kelapa Dua, menjelang bulan Ramadan dan antisipasi dampak Covid-19, Senin (16/3). FOTO: Humas for Tangerang Ekspres

TIGARAKSA-Usai gelar rapat koordinasi penentuan status Corona, Bupati Tangerang, A. Zaki Iskandar blusukan ke pasar. Ia ingin memastikan stok kebutuhan pangan terjamin. Kemarin, ia sidak ke sejumlah pasar untuk memastikan persediaan bahan pangan dan mengecek kenaikan harga. Ini juga untuk menganalisa kebutuhan menjelang datangnya bulan Ramadan.

Pasar tradisional Kecamatam Kelapa Dua yang menjadi sasaran blusukan. Zaki menanyai pedagang pasar perihal harga dan penjualan barang dagangan. Ia menemukan adanya kenaikan harga beberapa bumbu dapur akibat melonjaknya permintaan. “Harga yang naik itu seperti jahe, kunyit, temulawak dan sejenisnya. Selebihnya kebutuhan pokok lain harga stabil, dan stok aman di pasar,” jelasnya.

Zaki mengatakan, perlunya pengecekan langsung harga dan stok kebutuhan pokok di pasar tradisional dengan mewabahnya Covid-19 di Indonesia.

Menurutnya, harga bahan makanan seperti gula, beras, daging, telur ayam, dan minyak goreng relatif stabil dan stok terpenuhi.

“Walaupun ada sedikit kenaikan akan tetapi masih dalam batas kewajaran. Yang terpenting bahan-bahan lain stoknya masih aman. Jadi warga jangan khawatir dan jangan panic buying. Semua stok bahan makanan di pasar tradisional dengan harga terjangkau dan stoknya aman,” katanya di lokasi, Senin (16/3).

Ia menegaskan, terjun langsung ke pasar sebagai tindak lanjut surat edaran yang diterbitkannya. Sekaligus mengecek harga dan stok pangan menjelang bulan Ramadan. “Ketersediaan sembako menjelang bulan Ramadan, saya yakin dan memberikan kepastian ke warga. Bahwa pasar-pasar tradisional kita ini dengan stok dan persediaan bahan makanan semua sudah siap dan masyarakat jangan khawatir dan tidak perlu panik,” tegas Zaki.

Senada, Camat Kelapa Dua Prima Saras Puspa mengatakan, setelah keliling pasar ternyata pasokan kebutuhan pokok cukup. Menurutnya, kenaikan harga diakibatkan adanya keterlambatan pengiriman. “Terkait edaran Bupati, kami sudah melakukan sosialisasi langsung. Juga diteruskan kepada lurah hingga RT. Juga di fasilitas umum lainnya yang dikunjungi oleh masyarakat. Kita juga sosialisasikan tentang kebersihan untuk mencegah penyebaran Covid 19. Insya Allah stok pangan cukup, ” tutupnya. (sep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here