Home PENDIDIKAN MTS Darussalam Badak Anom, Selenggarakan UAMBN-BK

MTS Darussalam Badak Anom, Selenggarakan UAMBN-BK

0
SHARE
PANTAU UAMBN-BK: Kasi Penma Kemenag Kabupaten Tangerang H Moh Iqro, S.Ag. M.Sy (dua dari kiri), saat memantau UAMBN-BK MTs Darussalam Badak Anom, Sindang Jaya, kemarin. FOTO: M Deden Budiman/Tangerang Ekspres

SINDANG JAYA – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darussalam Badak Anom, menyelenggarakan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK).

Meski ujian dengan menggunakan komputer ini bukan kali pertama dilaksanakan, namun madrasah yang terdapat di Desa Badak Anom,  Kecamatan Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang ini tetap melaksanakan berbagai persiapan agar suksesnya ujian berskala nasional tersebut.

Kepala MTs Darussalam Badak Anom, Tarmudi memaparkan, sebanyak 116 siswa mengikuti UAMBN-BK tahun pelajaran 2020. Ia berharap, seluruh peserta yang sebelumnya digembleng mengikuti bimbingan belajar dan tryout sekolah, dapat menghasilkan nilai yang memuaskan.

Lebih lanjut Tarmudi memaparkan, salah satu tujuan dari UAMBN-BK, agar ia selaku kepala madrasah, dapat mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran yang telah disampaikan guru di kelas. Sehingga bisa mudah melakukan evasluasi pembelajaran.

Tarmudi mengatakan, persiapan demi persiapan sudah dilakukan jauh-jauh hari. Tujuannya agar mendapatkan hasil yang maksimal, seperti fasilitas penunjang pelaksanaan ujian berbasis online tersebut dan proses pendataan peserta UAMBN-BK melalui PDUM (Pangkalan Data Ujian Madrasah) yang sudah selesai dilakukan. “Untuk UAMBN-BK ada tiga mata pelajaran Alquran Hadis, Fikih dan SKI,” terang Tarmudi.

Sementara itu, Kasi Pendidikan Madrasah (Penma) Kabupaten Tangerang H Moh Iqro.S,Ag. M.Sy, menjelaskan, pelaksanaan UAMBN-BK di MTs Darussalam Badak Anom patut diacungi jempol.

Kata Iqro, MTs Darussalam Badak Anom sudah terbiasa mengikuti ujian dengan berbasis komputer. Sehingga ia tidak lagi meragukan lagi kemampuan madrasah ini dalam melaksanakan  UAMBN-BK.

“Sudah bagus dalam pelaksanaannya di MTs Darussalam Badak Anom. Saya tidak melihat terdapat kendala yang berarti,” tegas Iqro, saat memantau kegiatan UAMBN-BK MTs Darussalam Badak Anom.

Lebih lanjut Iqro memaparkan, kunjungan dirinya ke MTs Darussalam Badak Anom juga untuk memastikan, jika siswa di sekolah tersebut diliburkan. Kecuali siswa kelas 9 yang sedang mengikuti UAMBN-BK.

“Terkait wabah virus corona, kita dari Kemenag Kabupaten Tangerang meliburkan aktivitas pembelajaran di madrasah. Kecualia UAMBN-BK, itu juga peserta yang sudah selesai diminta untuk langsung pulang,” tegas Iqro. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here