Home TANGERANG HUB Sensus Penduduk Online Diperpanjang, Isi Sensus #DirumahAja

Sensus Penduduk Online Diperpanjang, Isi Sensus #DirumahAja

0
SHARE
Faizin, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tangerang

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tangerang gencar sosialisasi sensus penduduk online 2020. Hanya saja, caranya berbeda.Tidak bertatap muka dengan warga. Sebab, saat ini Indonesia dilanda wabah virus Corona dan mengharuskan membatasi kegiatan bertemu warga.

Kepala BPS Kabupaten Tangerang, Faizin mengatakan, komunitas menjadi sasaran penyuluhan.

Ia menerangkan, sosialisasi dengan media sosial memliki potensi. Hal ini didasari warga kebanyakan beraktivitas di dalam rumah dan mengurangi kegiatan yang tidak penting.

“Saat ini banyak warga yang di rumah aja. Kerja juga di rumah aja dan aktivitas juga di rumah aja. Ini kesempatan yang bagus bagi warga mengisi data sensus online. Ini lah saat yang tepat untuk sosialisasi melalui media sosial,” jelasnya kepada Tangerang Ekspres melalui sambungan seluler, Selasa (31/3).

Faizin menerangkan, sosialisasi melalui media sosial sudah gencar dilakukan sejak awal. Namun, situasi tanggap darurat wabah Corona mempermudah sosialisasi melalui media sosial. Mulai dari instagram dan grup WhatsApp komunitas. Menurutnya, sensus online diperpanjang hingga 29 Mei. Hingga saat ini sudah ada 30.363 kepala keluarga yang sudah merespons di sensus penduduk online.

“Hingga saat ini data yang masuk sudah mencapai 14 persen dari sebelumnya masih 6 persen. Ini meningkat signifikan. Kita optimis data yang masuk mencapai persentase di atas 20 persen. Kita perpanjang sesuai keputusan dari pusat yang tadinya berakhir hari ini,” terang mantan Kepala BPS Kota Tangsel.

Ia menerangkan, dalam komunitas maupun apartemen atau perumahan cluster sudah ditunjuk personal in charga (PIC) sebagai duta sensus online.

Mereka diberikan file dan video tutorial pengisian sensus melalui website sensus.bps.go.id. Ia menilai cara seperti ini terbukti efektif.

“Mereka membagikan ke grup media sosial maupun WhatsApp sehingga warga dapat memahami bagaimana mekanisme pengisian. Kita juga terus berkomunikasi dan menangani keluhan warga saat mengisi. Menjelang penutupan memang website sensus online banyak diakses oleh warga,” jelasnya.

Faizin mengimbau, agar warga memanfaatkan momen pembatasan aktivitas di luar rumah dengan mengisi sensus online yang diperpanjang hingga 29 Mei. Secara nasional sudah 85,73 persen data penduduk yang masuk dengan kategori sangat baik dan baik.

“Mari luangkan waktu dengan mengisi sensus online di rumah saja. Cukup mudah, kerja dari rumah untuk Indonesia, dan mengisi sensus online guna pembangunan Indonesia. Kerja kita di rumah membantu kinerja kami juga yang terus gencar mensosialisasikan sensus penduduk,” tutupnya. (sep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here