Home BANTEN Deteksi Corona, Pemkot Serang Lakukan Rapid Tes

Deteksi Corona, Pemkot Serang Lakukan Rapid Tes

162
0
SHARE

SERANG-Hari ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Serang akan melakukan rapid tes kepada masyarakat Kota Serang, khususnya pada Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien dalam Pemantauan (PDP). Prioritas pemeriksaan tersebut dilakukan agar virus Corona atau Covid-19 dapat terdeteksi dan dapat segera dilakukan penanganan hingga pemulihan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang, Ikbal mengatakan, pemeriksaan yang dilakukan dibagi atas empat cluster, yakni Puskesmas Serang Kota, Puskesmas Singandaru, Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda), dan Puskesmas Kilasah.

“Serang Kota akan menangani pasien dari wilayah Rau, Unyur, Cipocok Jaya dan Banjar Agung. Kemudian, Puskesmas Singandaru akan melayani dari Ciracas, Taktakan dan Pancur. Labkesda dari Curug, Walantaka dan Kalodran serta Puskesmas Kilasah itu Kasemen, Sawahluhur dan warga Kilasah,” katanya melalui sambungan telepon seluler, Rabu (1/4).

Lebih lanjut, pihaknya akan memprioritaskan pejabat publik dan rekan-rekan media yang sempat bertemu dengan pegawai Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Serang Barat beberapa waktu lalu. “Kami akan pastikan siapa saja yang berinteraksi dengan almarhum (pegawai KPP), tanggal berapa dan dimana, nanti akan saya akomodir untuk dijadikan prioritas pemeriksaan. Ini sesuai dengan instruksi dari pusat untuk mengutamakan ODP dan PDP,” ujarnya.

Sementara lainnya, bagi pasien yang berada di Rumah Sakit Drajat Prawiranegara (RSDP) Kabupaten Serang akan diberikan langsung oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten. “Jadi kalau yang disana¬† (RSDP) itu nanti diberikan langsung oleh provinsi, dan juga petunjuknya dari kementerian,” terangnya.

Juru bicara (Jubir) Covid-19 Kota Serang W Hari Pamungkas menyebutkan, ODP di Kota Serang berjumlah 91 orang, PDP sebanyak 3 orang, sedangkan untuk pasien positif Covid-19 terkonfirmasi masih nol atau tidak ada. Dari jumlah ODP tersebut berasal dari enam kecamatan di Kota Serang. Salah satunya di Kecamatan Cipocok Jaya berjumlah 26 ODP, yang telah selesai pemantauan empat orang. Kemudian, 22 orang sedang dalam pemantauan.

“Kecamatan Curug tiga ODP, Kecamatan Kasemen enam ODP, Kecamatan Serang ada 42 orang, yang sudah selesai pemantauan empat orang dan 38 orang sedang dalam pemantauan. Kecamatan Taktakan ada 6 ODP, Kecamatan Walantaka ada delapan orang dan sati sudah selesai pemantauan. Sedangkan PDP seluruhnya berada di Kecamatan Serang, yaitu 3 orang,” katanya saat konferensi pers, Selasa (31/3). (mam/and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here