Home TANGERANG HUB Gugus Tugas Optimistis Covid-19 Reda

Gugus Tugas Optimistis Covid-19 Reda

0
SHARE
JAGA JARAK: Suasana di dalam tenda Posko Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Serpong, kemarin. FOTO: Miladi Ahmad/Tangerang Ekspres

SERPONG-Di tengah angka penderita infeksi pandemi virus corona di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang semakin mengkhawatirkan peningkatannya, enam orang yang terinfeksi dinyatakan sembuh. Data terbaru Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Tangsel mencatat temuan 519 kasus pandemi virus corona pada Rabu (1/4) di Kota Tangsel.

Juru bicara (Jubir) Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Tangsel Tulus Muladiono mengatakan, bila kasus-kasus tersebut terbagi menjadi empat klasifikasi. Klasifikasi itu ialah, orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), terkonfirmasi positif, dan meninggal dunia.

“Sebanyak 336 ODP, 139 PDP, 38 terkonfirmasi positif, dan 6 dinyatakan meninggal dunia akibat Covid-19,” ungkap Tulus kepada wartawan saat dikonfirmasi di Kota Tangsel, Rabu (1/4).

Meski di tengah masifnya penyebaran wabah virus corona, rasa optimisme yang dimiliki tiap elemen masyarakat berbuah secercah harapan baru dalam menghadapi situasi genting ini.

Pasalnya, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Tangsel mencatat 6 warga Tangsel dinyatakan sembuh dari infeksi virus corona.

“Catatan data sembuh, 2 pasien konfirmasi (positif), 4 pasien ODP,” kata Humas Gugus Tugas Penangan Covid-19 Kota Tangsel, Irfan Santoso, Kamis (2/4/2020).

Di sisi lain, Tulus menjelaskan klasifikasi kasus terhadap 6 pasien yang dinyatakan sembuh dari infeksi virus corona.

Misal pada 4 kasus ODP yang telah dinyatakan sembuh oleh tim medis penanganan Covid-19.

Kata Tulus, tim medis akan melakukan prosedur pemeriksaan kesehatan terhadap orang dengan gejala mirip infeksi corona.

Sang pasien akan terklasifikasi dalam ODP bila memiliki gejala yang telah ditetapkan protokol kesehatan tentang wabah virus corona.

“ODP cirinya orang dengan gejala demam lebih dari 38 derajat ceclcius atau riwayat demam, ISPA tanpa pneumonia dan memiliki riwayat perjalanan ke negara yang terjangkit pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala,” ujar Tulus.

Bila prosedur kesehatan itu telah dilalui pasien, maka dapat dinyatakan pasien sembuh dari pandemi virus corona.
Sementara pada 2 kasus pasien sembuh dengan klasifikasi konfirmasi positif memiliki pemeriksaaan protokol kesehatan tersendiri.

Kata Tulus, pasien yang terklasifikasi di sini bakal menjalani prosedur pemeriksaan yang telah ditetapkan oleh tim medis penanganan pandemi virus corona.

“PDP cirinya orang yang mengalami gejala demam lebih dari 38 derajat celcius atau riwayat demam, ISPA dan pneumonia ringan hingga berat,” jelas Tulus.

“Serta memiliki riwayat perjalanan ke negara terjangkit atau kontak dengan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 dalam 14 hari terakhir,” lanjutnya.

Adapun bila prosedur pemeriksaan kesehatan telah dapat dilalui, tim medis akan memeriksa kondisi pasien sebelum dinyatakan sembuh dari infeksi virus corona. (trb/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here