Home TANGERANG HUB Proyek Gedung 3 RSU Meleset dari Target

Proyek Gedung 3 RSU Meleset dari Target

0
SHARE
TETAP DILANJUT: Di tengah pandemi Covid-19 Proyek pembanguan gedung 3 RSU Kota Tangsel tetap dikerjakan. Ini dilakukan untuk mengejar target pembangunan. FOTO: Dok. Tangerang Ekspres

PAMULANG-Di tengah pandemi Covid-19, pembangunan RSU Kota Tangsel gedung tiga terus berlanjut. Meski demikian, proyek pembangunan ini tak sesuai target. Seharusnya, pembangunan gedung tiga yang dilakukan melalui skema multiyears atau tahun jamak ini, selesai April lalu. Namun, karena alasan pandemi Covid-19, proyeknya belum rampung.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Deden Deni menambahkan, sesuai rencana seharusnya pembangunan gedung tiga yang dikerjakan multy years ini selesai April lalu. “Tapi, karena ada covid-19 pembangunannya sedikit terhambat,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Minggu (10/5).

Deden menambahkan, diharapkan dalam waktu dekat pembangunannya segera selesai. Namun, begitu sudah selesai tidak bisa langsung dipakai. Karena, harus ada serah terima dahulu dan ada masa pemeliharaan selama 6 bulan. “Pembangunan tetap berlanjut tapi, pekerja dibatasi, sehingga target juga pasti meleset,” tambahnya.

Masih menurutnya, bila fisik bangunan sudah selesai maka akan diisi interior. Sebenarnya untuk membeli alat kesehatan dan interior dianggarkan tahun ini tapi, karena ada covid-19 sehingga dialihkan.

Sedangkan untuk tenaga medis, nantinya juga akan tambah. Deden mengatakan, kemarin juga ada penerimaan CPNS dan dialokasikan juga untuk pegawai RSU. “Kalau seandainya corona beres bulan ini, maka tidak bisa digunakan secepatnya karena anggaran untukbuat beli alat kesehatannya tidak ada,” jelasnya.

Deden menuturkan, RSU gedung tiga terdiri dari dua gedung, satu gedung dengan empat lantai dan satu gedung 8 lantai. Untuk gedung empat lantai nantinya akan digunakan untuk ruang cuci baju pakaian, ruang perawat, ruang alat medis.
Sedangkan gedung 8 lantai akan digunakan untuk instalasi gawat darutat (IGD), laboratorium, radiologi dan lainnya. Lantai 5 sampai 7 untuk rawat inap dengan jumlah 121 tempat tidur. IGD tersebut akan menggantikan ruang IGD di gedung pertama yang ukurannya kurang mumpuni.

“Sesuai blueprint gedung tiga RSU ini akan digunakan untuk IGD. Jadi IGD sekarang akan dipindah ke gedung tiga dan gedung satu dan dua akan kita redesain,” ungkaphnya.

Pria yang juga menjabat Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tangsel ini mengungkapkan, nantinya saat ada pelayanan yang dipindah ke gedung tiga maka pelayanan yang saat ini ada di gedung satu dan dua akan diredisain sesuai kebutuhan yang tidak ada disana. Sesuai rencana gedung tiga akan ada pengklusteran kelas, mulai VIP kelas 1, 2 dan 3.

“Ada juga fasilitas pemeriksaan penunjang yang saat ini belum ada, seperti cityscan dan lainnya. Pelayanan kesehatan diharapakan selesai di RSU Tangsel dan tidak perlu dirujuk ke rumah sakit lain,” tutupnya. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here