Home TANGERANG HUB Stok Darah PMI Aman

Stok Darah PMI Aman

0
SHARE
DONOR DARAH: Warga saat melakukan donor darah di markas PMI Kabupaten Tangerang. FOTO: PMI Kab. Tangerang

TIGARAKSA – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tangerang, melalui unit donor darah gencar jemput bola guna memenuhi stok darah yang sempat menurun karena wabah pandemi Covid-19. Berbagai program dan strategi diluncurkan, salah satunya dengan diberikan paket sembako bagi pendonor. Kebijakan ini terbukti berhasil menormalkan stok darah yang sempat menurun.

Ketua PMI Kabupaten Tangerang, Soma Atmaja mengatakan, program pemberian sembako bagi manyarakat yang mendonorkan darahnya untuk memberikan motivasi bagi masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya.

Soma menerangkan, stok darah saat ini di PMI Kabupaten Tangerang sudah kembali normal. Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari program donor dapat paket sembako.

‚ÄúSebelum masa Covid-19 stok darah kita bisa di atas 100 katong darah lebih. Untuk kebutuhannya bisa lebih dari 100 kantong darah setiap harinya. Sekarang stok darah sudah normal kembali dan dikatakan aman. Program donor dapat sembako ini terbukti berhasil meningkatkan stok darah di unit donor darah kita,” jelasnya kepada Tangerang Ekspres, Jumat (15/4).

Data dari PMI Kabupaten Tangerang, golongan darah A terdapat 142 labuh, golongan darah B ada 288 labuh, untuk golongan darah O ada 145 labuh, sedangkan golongan darah AB sudah mencapai 75 labuh.

“Warga bisa mendonorkan darah dengan mendatangi kantor kita di Kecamatan Curug ataupun mengirimkan surat permohonan kepada kita. Kalau kita ke lokasi atas permintaan maka minimal calon pendonor 20 orang. Namun tetap jaga jarak, gunakan masker dan cuci tangan pakai sabun serta air mengalir. Program donor dapat paket sembako ini berakhir hingga akhir Mei ini,” ujar pria yang juga menjabat Kepala Bapenda Kabupaten Tangerang.

Salah satu pendonor, Mudir, warga Kecamatan Tigaraksa, mengaku, diajak oleh teman agar mendonorkan darah untuk kesehatan. Ia mengapresiasi program donor darah dapat paket sembako dimana dapat membantu kebutuhan paket sembako bagi warga yang ikut terdampak Covid-19.

“Ini langkah bagus dari PMI yang menerapkan program donor dapat paket sembako. Saya bersama kawan ikut mendonorkan dan ini baru pertama kalinya. Terimakasih atas paket sembakonya dan ini akan saya kabarkan kepada keluarga, teman dan saudara agar ikut mendonor darah tanpa perlu takut. Ini sudah dijamin aman, saya juga ditanyakan riwayat perjalanan, wajib pakai masker, dan cuci tangan sebelum saya mendonor,” ujarnya.

Diketahui, sembako yang didapat bagi pendonor diantaranya, beras, minyak goreng, sarden, mi instan, satu paket masker, hand sanitizer, dan dua strip penambah darah diharapkan menjadi motivasi bagi warga untuk mendonorkan darahnya. (sep/mas)

DONOR DARAH: Warga saat melakukan donor darah d markas PMI Kabupaten Tangerang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here