Home TANGERANG HUB Pemkab Bantu Semprot TPA Cipeucang

Pemkab Bantu Semprot TPA Cipeucang

0
SHARE
CAIRAN ANTI BAU: Petugas DLHK Kabupaten Tangerang menyiapkan cairan biotech, untuk dilakukan bantuan penyemprotan di TPA Cipeucang milik Pemkot Tangsel yang menimbulkan bau menyengat usai longsor, Sabtu (23/5). FOTO: DLHK Kab Tangernag for Tangerang Ekspres

TIGARAKSA – Pemkab Tangerang melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) melakukan penyemprotan biotech di tempat pembuangan akhir (TPA) Cipeucang. Tempat pembuangan sampah milik Pemkot Tangsel mengalami longsor pada Jumat (22/5).

Kepala DLHK Kabupaten Tangerang, Ahmad Taufik mengatakan, dampak longsoran menimbulkan bau  menyengat dengan radius hingga ratusan meter. Menurutnya, cairan biotech diberikan guna mengurangi dampak bau yang ditimbulkan.

Perlu diketahui, longsoran sampah di TPA Cipeucang hampir menutupi aliran Sungai Cisadane serta menimbulkan bau tidak sedap yang menggangu. Aliran sungai juga dipenuhi sampah yang dapat mengakibatkan penumpukan di daerah muara sungai.

Cairan biotech mekanismenya disemprotkan secara langsung ke area tumpukan sampah di TPA Cipeucang. Menurut Taufik, hanya berselang hingga 10 menit aroma tidak sedap dari tumpukan sampah hilang setelah dilakukan penyemprotan.

“Kita berikan bantuan sebanyak 40 ribu liter cairan biotech atau setara volume tanki 8 mobil pemadam kebakaran. Kita juga lakukan penyemprotan cairan ini untuk mengatasi aroma tidak sedap yang ditumbulkan akibat longsor yang juga menutupi Sungai Cisadane,” katanya kepada Tangerang Ekspres, Rabu (27/5).

Taufik mengungkapkan, bantuan diberikan kepada Pemkot Tangsel sehari setelah terjadinya longsoran sampah di TPA Cipeucang. Tepatnya pada Sabtu (23/5), yang diserahkan kepada Dinas Lingkungan Hidup Pemkot Tangerang Selatan.

Cairan biotech yang diberikan ditampung di dalam tong berukuran satu ribu liter berwarna putih. Adapun penyemprotan dilakukan petugas pemadam kebakaran Pemkab Tangerang. Menurut Taufik, di dalam biotech terdapat bakteri pengurai sampah sehingga menghilangkan bau menyengat.

Tafuik menegaskan, siap membantu pengerukan tumpukan sampah di Sungai Cisadane karena longsoran. Ia menjelaskan, pengerukan dilakukan untuk meminimalisir voluem sampah terbawa aliran sungai.

“Sebagai saudara tua di Tangerang Raya. Kita dari DLHK Kabupaten Tangerang siap menbantu kepada siapapun. Termasuk Dinas Lingkungan Kota Tangerang Selatan. Bagaimanapun, secara historis mereka saudara muda kita. Kita siap bantu termasuk pengerukan sampah di TPA Cipeucang yang tumpah ke sungai karena longsor,” ujarnya. (sep/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here