Home TANGERANG HUB 5.478 KK Sensus Online

5.478 KK Sensus Online

0
SHARE
SENSUS ONLINE: Warga Desa Talagasari, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang saat melakukan sensus online. FOTO: Asep Sunaryo/Tangerang Ekspres

TIGARAKSA – Sensus penduduk (SP) online telah berakhir secara resmi pada 29 Mei lalu. Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tangerang mencatat ada 5.478 kepala keluarga yang telah mengisi sensus secara lengkap.

Adapun warga yang belum mengisi data secara online akan dilakukan sensus secara konvensional pada September nanti.

Kepala BPS Kabupaten Tangerang, Faizin mengatakan, tingkat partisipasi kepala keluarga mencapai 48.801 KK dengan jumlah penduduk 191.031 orang. Hanya saja data yang terisi masih belum lengkap atau data salah seorang anggota keluarga masih ada yang belum terisi sehingga tidak bisa dikatakan tersensus.

“Bagi yang belum ikut sensus penduduk secara online akan ada pendataan Sensus penduduk secara door to door atau dari pintu ke pintu pada bulan September tahun ini,” kepada Tangerang Ekspres melalui pesan, Selasa (9/6).

Data dari BPS, Kecamatan Gunung Kaler memiliki tingkat pertisipasi terendah dengan 205 KK disusul Sukamulya yang hanya 411 KK. Tidak hanya itu, ada 12 kecamatan dengan timgkat partisipasi di bawah 1.000 kepala keluarga.

“Secara total jumlah KK yangg respone baru 5 persen lebih dari total KK se-Kabupaten Tangerang dari jumlah KK menurut dinas dukcapil pada 2020 sebnyak 962.590 KK, ” ujarnya.

Adapun, kecamatan yang memiliki tingkat partisipasi tertinggi di Pasarkemis dengan 6.111 KK dan Kelapa Dua dengan 4.755 KK. Hal ini dikarenakan warga di kecamatan tersebut dinilai sudah mahir menggunakan internet dan pengisian formulir secara online. Sehingga memudahkan pengisian sensus online.

Faizin mengungkapkan, ada beberapa catatan penting mengenai sensus online dimana sosialisasi sensus online dinilai berhasil.

“Ada catatan disini, bahwa masyarakat Kabupaten Tangerang suka mengisi SP online di batas akhir jadwal 29 Mei. Sehingga banyak yang gagal karena arus data masuk ke server secara antrean. Meskipun demikian patut di apresiasi karena pada tanggal 29 Mei tersebut tercatat 5.478 KK ikut mengisi SP online dan itu  terbanyak se-Banten pada hari itu,” ujarnya. (sep/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here