Home BANTEN Waspada, Pasien Positif Covid-19 Bertambah

Waspada, Pasien Positif Covid-19 Bertambah

0
SHARE
RAPID TEST: Petugas Dinas Kesehatan Lebak melakukan rapid test massal di Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, belum lama ini.

LEBAK-Pemkab Lebak melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 setempat menyatakan untuk pasien positif Covid-19 di Kabupaten Lebak bertambah satu orang, dari sebelumnya 10 menjadi 11 orang.

“Hari ini ada penambahan satu kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kecamatan Malingping. Maka total menjadi 11 kasus. Satu sudah dinyatakan sembuh dan 10 pasien masih dalam pengawasan,” kata Jubir Penanganan Covid-19 Lebak, Firman Rahmatullah kepada Banten Ekspres di ruang kerjanya, Kamis (11/6).

Seiring dengan melonjaknya kasus positif Covid-19, secara otomatis terjadi juga peningkatan yang signifikan pada orang-orang yang memiliki risiko tertular karena pernah kontak erat dengan pasien positif atau orang tanpa gejala (OTG).

“Jumlah OTG 114 orang. Sebanyak 60 orang sudah kami nyatakan aman, tetapi 54 lainnya masih dipantau dan kami meminta mereka melakukan isolasi dan karantina mandiri sampai hasil swab keluar,” ujar Firman.

Untuk OTG yang dipantau, jika pun harus keluar rumah karena urusan penting, diwajibkan selalu mengenakan masker dan menghindari kerumunan.

“Gugus tugas kecamatan dan desa bersama puskesmas ikut memantau dan mengawasi pelaksanaan isolasi dan karantina,” tuturnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak Triatno Supiyono menambahkan, pihaknya meminta agar masyarakat mematuhi apa yang telah dianjurkan pemerintah terkait penanganan pencegahan wabah Covid-19 ini. Sebab, apapun yang dilakukan petugas atau pemerintah akan sia-sia saja jika warganya sendiri tidak mau mengikuti protokol kesehatan.

“Kita sendirilah yang dapat mencegah meluasnya wabah, yakni dengan cara membiasakan cuci tangan dengan sabun, memakai masker di setiap aktivitas dimana pun berada, hindari kerumunan dan selalu jaga jarak. Jangan sungkan untuk jaga jarak teman atau orang-orang yang ada di sekitar kita. Hal tersebut untuk kebaikan dan kesehatan diri sendiri dan keluarga,” paparnya. (mg-5/tnt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here