Home TANGERANG HUB Pemkot Baru Cairkan Rp 87 M, untuk Covid-19

Pemkot Baru Cairkan Rp 87 M, untuk Covid-19

133
0
SHARE

CIPUTAT-Untuk menangani pandemi Covid-19, Pemkot Tangsel telah menganggarkan dana sebesar Rp 147 Miliar. Dana tersebut dibagi dua, yakni Rp 47 Miliar untuk penanganan Covid-19 dan Rp 100 Miliar untuk biaya selama pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Tangsel Warman Syanudin mengatakan, sampai saat ini Pemkot Tangsel sudah mencairkan anggaran sebesar Rp 78 Miliar lebih untuk belanja tidak terduga (BTT) untuk penanganan pandemi Covid-19. “Total pergeseran anggaran mencapai Rp 151 Miliar,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Selasa (16/6).

Warman menambahkan, BPKAD sifatnya hanya menerima lampiran persetujuan saja. Selanjutnya OPD pengusul mengajukan permohonan pencairan uang persediaan.

Rencana kebutuhan belanja (RKB), kemudian disampaikan kepada walikota sebelum ditetapkan dengan keputusan Walikota. “Usulan ini terlebih dahulu diaudit oleh inspektorat dan selanjutnya keputusan dikembalikan kepada OPD pengusul,” tambahnya.

Masih menurutnya, kemudian disimpan dalam kas OPD, untuk dipergunakan untuk keperluan BTT terkait penanganan Covid-19 sesuai RKB. “Jadi ada alur pencairannya dan tidak serta merta mudah dicairkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kebala Bagian Kesejahteraan Rakyat pada Setda Kota Tangsel Heli Slamet mengatakan, OPDnya merupakan salah satu OPD yang mencairkan BTT tersebut. Alokasi dananya untuk honor penceramah pada saat pandemi Covid-19.

“Jadi ada video yang masuk, kita beri uang penghargaannya Rp 1 juta, salah satunya tentang covid, kepedulian,” singkatnya. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here