Home PENDIDIKAN SMK Nusantara 1 Tangerang Laksanakan Daring, Siap Terapkan New Normal

SMK Nusantara 1 Tangerang Laksanakan Daring, Siap Terapkan New Normal

0
SHARE
TERAPKAN PROTOKOL: SMK Nusantara 1, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang menerapkan protokol kesehatan untuk menghindari wabah Covid-19, Selasa (16/6). FOTO: M Deden Budiman/Tangerang Ekspres

KARAWACI – Dunia dikejutkan dengan adanya sebuah virus baru yang bernama Corona atau Covid-19 (Corona Virus Disease 2019). Virus ini mampu melumpuhkan sektor perekonomian tak kecuali dunia pendidikan terkena imbas. Para peserta didik tidak dapat melakukan aktivitas sekolah secara konvensional. Selama Covid–19, pendidik dan peserta didik melaksanakan pembelajaran dengan sistem pembelajaran daring (dalam jaringan).

Setelah melakukan sistem pembelajaran daring selama lebih dari tiga bulan, pemerintah akan menerapkan New Normal dalam masa pandemi Covid-19 pada daerah kategori zona hijau. New normal atau kenormalan baru identik dengan pembukaan sarana atau ruang publik, perkantoran, sekolah dan lain sebagainya. Tujuannya agar dapat beradaptasi dan beraktivitas seperti biasa, tentunya tetap patuh mengikuti protokol kesehatan untuk bisa terhindar dari Covid-19.

SMK Nusantara 1, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang mengaku siap laksanakan penerapan New Normal dengan menerapkan kegiatan belajar mengajar bergilir dan protokol kesehatan.  Selain itu pihak sekolah telah mempersiapkan tatanan sarana dan prasana di lingkungan sekolah, sebagai bentuk pencegahan penyebaran Covid-19. Dengan menyediakan tempat cuci tangan di setiap depan kelas, menempelkan poster yang berkaitan dengan pola hidup bersih serta penerapan sosial distancing.

“Pihak sekolah mengajak warga sekolah untuk bisa menerapkan pola hidup bersih, wajib memakai masker dan melaksanakan protokoler Covid-19 di lingkungan sekolah,” terang Sugiharti Soumifitri, M.Pd, Kepala SMK Nusantara 1 Tangerang.

Dalam aspek kebijakan pendidikan, kegiatan pembelajaran yang biasanya dilakukan secara konvensional karena merebaknya kasus pandemi Covid-19, sampai saat ini mengharuskan semua proses kegiatan belajar mengajar, baik bagi peserta didik dan pendidik dilaksanakan dalam bentuk pembelajaran daring melalui perangkat komputer, laptop dan telepon genggam yang terhubung dengan koneksi internet. Pembelajaran daring sangat efektif sebagai penunjang proses kegiatan pembelajaran untuk pencegahan penyebaran virus COVID-19.

“Sejalan dengan revolusi industri 4.0, teknologi membuat komunikasi semakin mudah dilakukan dan memiliki pengaruh yang sangat besar berdampak pada perkembangan era digital dalam dunia pendidikan. SMK Nusantara 1 Tangerang menerapkan pembelajaran daring melalui E-learning SMK Nusantara 1 Tangerang, dengan alamat lmsmk.nusantara1.sch.id. Bahkan sistem E-learning ini telah dilaksanakan dalam bentuk kegiatan ujian online jauh sebelum pandemi Covid-19 muncul, sehingga SMK Nusantara 1 Tangerang telah siap melaksanakan sistem pembelajaran daring yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” tegas Sugi, sapaan akrab Sugiharti Soumifitri.

Untuk diketahui, SMK Nusantara 1 Tangerang merupakan sekolah swasta yang sudah menerapkan sistem online berbasis E-learning. Sekolah yang memiliki Jurusan Akutansi Keuangan dan Lembaga (AKL), Jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP), Jurusan Multimedia, Jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ), dan Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV).

Sedangkan untuk Tahun Ajaran 2020/2021, SMK Nusantara 1 Tangerang telah membuka dua jurusan baru yaitu, Jurusan Produksi dan Siaran Program TV (Broadcasting) dan Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Kedua jurusan ini telah disiapkan baik dari segi sarana dan prasarana, sebagai penunjang kegiatan pembelajaran serta tenaga pengajar yang ahli dalam bidangnya.

“Dengan motto unggul, nyaman, religius, sehingga siap mencetak generasi yang unggul serta siap menuju dunia kerja dan enterpreneurship,” tegas Sugi.

Pada saat ini, SMK Nusantara 1 Tangerang sudah membuka Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Periode 2020/2021. SMK Nusantara 1 Tangerang, merupakan sebagai pilihan sekolah alternatif selain SMK negeri, yang memiliki sarana dan prasarana lengkap dengan tujuh program keahlian, tentunya akan mengeksplorasi bakat dan minat siswa. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here