Home TANGERANG HUB 127 Perusahaan Sumbang APD

127 Perusahaan Sumbang APD

0
SHARE
BANTUAN: Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar (kedua dari kanan) menerima bantuan APD dan perlatan medis dari perusahaan, beberapa waktu lalu. FOTO: Dok. Tangerang Ekspres

TIGARAKSA – Ratusan perusahaan, organisasi kemasyarakatan dan perorangan memberikan bantuan alat medis standar Covid-19 kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang. Jumlahnya yakni, untuk bantuan dari perseorangan tercatat sebanyak 173 orang, kemudian ada 200 organisasi non-pemerintahan dan 127 perusahaan yang bergerak dari berbagai bidang usaha.

Kepala Bagian Kerjasama Daerah, Dian Mayangsari mengatakan, bantuan yang diberikan berupa alat kesehatan dan paket sembako. Ia menerangkan, peralatan medis untuk keperluan penanganan Covid-19 disimpan digudang milik dinas kesehatan tepatnya Unit Pelaksana Teknis (UPT) Instalasi Farmasi yang berada di Pergudangan Bizzpoint, Kecamatan Cikupa.

“Kita di sini sebagai juru catat. Bantuan itu kita catat mulai dari perseorangan hingga perusahaan. Mereka ada yang langsung ke rumah sakit dan itu kita catat yang nanti kita laporkan ke pimpinan. Ada yang warga yang setiap hari memberikan bantuan berupa makanan dan kue ke petugas medis di rumah sakit. Alhamdulillah di masa pandemi Covid-19 ini. Untuk paket sembako itu ada di gudang yang di bawah pengawasan kepala dinas koperasi dimana penyalurannya melalui dinas sosial,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Selasa (23/6).

Dian menerangkan, alat kesehatan yang diberikan berupa alat kelengkapan diri (APD), sembako, handsanitizer, masker, ventilator, ambulans dan alat rapid test. Ia menegaskan, semua alat kesehatan yang disalurkan kepada puskesmas, rumah sakit dan dinas kesehatan selalu dibuatkan berita acara. Hal ini diberlakukan agar peralatan dinas habis pakai yang didapat dari bantuan tidak tumpang tindih saat pencatatan dan laporan.

“Kita update (perbaharui) stok setiap harinya. Penyaluran berapapun dari kita selalu kita buatkan berita acara. Jika di gudang milik dinkes kosong kita kirim alat kesehatan dari bantuan ini ke sana. Selalu kita buatkan berita acaranya. Kalau saat ini banyak bantuan berupa sembako, itu juga kita catat. Masyarakat dapat menyalurkan bantuan Covid- 19 ke kita ataupun langsung ke rumah sakit atau warga yang berhak menerima,” ujarnya.

Data hingga Juli yang diterima Tangerang Ekspres,  bantuan APD  yang pemkab terima sebanyak 34.087 buah. Adapun, jumlah  masker medis yang diterima sebanyak 295.841 boks dan masker kain mencapai 666.021 boks.

Lalu, untuk peti mati yang diterima dari bantuan sebanyak 32 peti. Sedangkan, untuk face shiled sebanyak 2.596 buah, lalu peralatan rapid test sebanyak  38.600 buah, alat ventilator sebanyak dua buah dan ambulans yang diterima ada dua buah.

“Pembagian face shield atau penutup wajah di pasar oleh Pak Bupati juga kita siapkan di sini. Banyak bantuan yang kita terima dari perusahaan. Ada yang di Kabupaten Tangerang pabriknya, ada juga yang diluar Tangerang. Alat-alat medis yang kita terima juga ada yang langsung diberika  kepada rumah sakit. Itu tetap kita catat berapa jumlahnya dan darimana bantuannya,” pungkasnya. (sep/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here