Home TANGERANG HUB Pegawai KPU Jalani Rapid Test

Pegawai KPU Jalani Rapid Test

0
SHARE
NON-REKATIF : Ketua KPU Kabupen Tangerang, Ali Zaenal menjukan hasil rapid test yang digelar bersama Dinkes Kabupaten Tangerang di kantor KPU, pekan lalu. FOTO: M Deden Budiman/Tangerang Ekspres

TIGARAKSA – Puluhan staf dan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang, menjalani rapid test Covid-19 sebelum bertugas verifikasi pendataan pemilih baru. Pelaksaan rapid test bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) di Kantor KPU di Jalan Raya Pemda, Kecamatan Tigaraksa, pekan lalu.

Ketua KPU Kabupaten Tangerang, Ali Zaenal mengatakan, menjalani rapid test merupakan hal yang wajib sesuai imbauan pusat. Ia menuturkan, pencegahan penyebaran Covid-19 tetap dilakukan sebelum pegawai memasuki kantor.

“Kita sediakan thermogun untuk mengukur suhu tubuh. Sebelum diukur suhu tubuh, kita wajibkan semua pegawai mencuci tangan. Setelah itu, baru dipersilakan memasuki ruang kerja masing-masing dan kita juga sediakan handsantizer, serta tempat cuci tangan yang mudah dijangkau,” ujar Ali, kepada Tangerang Ekspres.

Satu persatu pegawai dan komisioner menjalani rapid test usai mengisi formulir, serta menyertakan riwayat perjalanan selama dua minggu terkahir. Mereka juga ditanya gangguan kesehatan yang sedang dialami oleh petugas medis.

“Wajib memakai masker yang ikut rapid test. Alhamdulillah semua hasilnya non-reaktif. Ini merupakan tindakan preventif dari kita sebelum petugas menjalani tugas. Tadi juga ditanyai batuk atau tidak, flu atau tidak dan sudah berapa lama. Alhamdulillah semua sehat,” ujarnya.

Ali menjelaskan, peserta rapid test diwajibkan mencantumkan nomor telepon dan kartu tanda penduduk (KTP) elektronik. Ia mengatakan, apabila ditemukan hasil reaktif akan dihubungi oleh petugas medis dan dijemput untuk dilakukan test swab tenggorokan.

“Hasilnya sudah bisa diketahui 15 menit kemudian setelah rapid test. Kita perlu mengantisipasi penyebaran Corona dilingkungan kerja lebih awal. Walaupun protokol kesehatan dijalankan. Petugas kita akan kelapangan untuk menjalani verifikasi faktual calon pemilih baru. Sehingga akan banyak bersinggungan dengan masyarakat yang perlu kita ketahui kondisi kesehatannya,” jelasnya.

Ia menegaskan, staf KPU yang diterjunkan akan dilengkapi masker, sarung tangan dan penutup muka sebagai pelaksaan protokol kesehatan Covid-19.

“Selain repid test, kita juga akan bertindak cepat jika ada pegawai yang reaktif dalam repid ini. Bahkan seluruh pegawai dilengkapi masker dan sarung tangan juga face shield saat melakukan kegiatan dilapangan,” pungkasnya. (sep/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here