Home TANGERANG HUB Gerakkan Ekonomi, Mal Kembali Dibuka

Gerakkan Ekonomi, Mal Kembali Dibuka

0
SHARE
Gerakkan Ekonomi, Mal Kembali Dibuka
Kabupaten Tangerang sudah zona hijau, mal boleh buka dengan protokol kesehatan.

CIKUPA-Roda perekonomian di Kabupaten Tangerang mulai bergeliat. Salah satunya karena, mal atau pusat perbelanjaan diperbolehkan beroperasi saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap enam. Pengoperasian pusat perbelanjaan diizinkan dengan penerapan ketat protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar mengatakan, pembukaan kembali aktivitas ekonomi merupakan bukti keseriusan pemerintah untuk mulai menggerakan perekonomian masyarakat. Namun dengan penerapan protokol kesehatan.

“Kita bisa lihat di Kabupaten Tangerang memang trennya (kasus Covid) sudah menurun. Kita mulai bertahap membuka kembali aktivitas ekonomi masyarakat. Mulai dari UMKM, pasar tradisional, pasar tumpah, warung nasi, pedagang asongan sampai kemudian ke tahap yang lebih besar seperti mal,” katanya saat meresmikan pembukaan Mal Ciputra Citra Raya Cikupa. Bertempat di Jalan Citra Raya Boulevard Nomor 01, Desa Ciakar, Kecamatan Panongan, Jumat (17/7).

Zaki berharap, pembukaan kembali aktivitas ekonomi dengan penerapan protokol kesehatan menjadi suatu kewajiban dan keharusan dalam keseharian masyarakat apabila di luar rumah. Ia menuturkan, dilihat secara jumlah kasus harian serta tingkat kesembuhan sudah menunjukan akan kembali menjadi zona hijau.

Tetapi, Zaki menegaskan masyarakat harus disiplin menggunakan masker, jaga jarak apabila aktivitas di luar rumah dan rajin cuci tangan serta mamakai masker.

“Sesuai instruksi, mal hanya boleh dikunjungi maksimal 50 persen dari jumlah total kapasitas dan boleh beroperasi sampai pukul 20.00 WIB. Secara ekonomi mulai menggeliat, mulai beranjak kembali tetapi belum ke tahap yang kita harapkan. Kisaran dua hingga tiga persen pertumbuhan ekonominya,” ujarnya.

Rencanya, lanjut Zaki, usaha mikro kecil menegah (UMKM) akan mulai digerakkan kembali. Dengan diberikan paket-paket bantuan ekonomi berupa permodalan. Ia menjelaskan, regulasi paket stimulus ekonomi sedang dibuat formulasinya oleh pemerintah daerah. “Karena banyak UMKM yang terdampak. Apalagi yang sudah ke tahap pemutusan hubungan kerja (PHK). Mudah-mudahan dengan dibukanya kembali beberapa perekonomian bisa menyerap tenaga kerja. Adanya peresmian mal megah ini, menunjukkan bukti bahwa perekonomian di Kabupaten Tangerang mulai bergerak kembali di tengah pandemi Covid-19,” jelasnya.

Sementara, President Director PT Ciputra Residence Budiarsa Sastrawinata mengatakan, aktivitas ekonomi di Mal Ciputra Citra Raya siap menjalankan protokol kesehatan Covid-19. Ia menuturukan, penerapan protokol kesehatan menjadi perhatian serius perusahaan sehingga pemilik tenant ataupun pengunjung diwajibkan menggunakan masker dan dicek suhu tubuh menggunakan thermogun sebelum memasuki pusat perbelanjaan.

“Kita pun tetap waspada. Walaupun Kabupaten Tangerang sudah menjadi zona hijau. Banyak tenaga kerja yang akan diserap oleh Mal Ciputra Citra Raya. Investasi yang perusahaan gelontorkan di sini mencapai Rp350 miliar dengan konsep bangunan berlantai enam dan bisa menampung ribuan pengunjung. Namun sesuai instruksi nantinya hanya setengahnya saja pengunjung yang diperbolehkan beraktivitas agar efektif menjaga jarak,” pungkasnya. (sep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here