Home PENDIDIKAN PKM Dosen Universitas Pamulang, Remaja Musala Dilatih Microsoft Office

PKM Dosen Universitas Pamulang, Remaja Musala Dilatih Microsoft Office

0
SHARE
PKM Dosen Universitas Pamulang
BERIKAN MATERI: Dosen Prodi Teknik Informatika, Universitas Pamulang, Kota Tangsel memaparkan materi PKM kepada remaja Musala Al Ikhlas, Griya Serpong Asri, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang, belum lama ini. FOTO: M Deden Budiman/Tangerang Ekspres

CISAUK – Pemanfaatan Teknologi Informasi (IT) sudah berkembang pesat diharapkan mampu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul bagi generasi muda. Sadar akan pentingnya pemanfaatan IT, lima dosen Prodi Teknik Informatika, Universitas Pamulang, Kota Tangsel melaksanakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) kepada remaja Musala Al Ikhlas, Griya Serpong Asri, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang.

PKM yang merupakan Tri Dharma Perguruan Tinggi ini, diketuai oleh Dede Sunandar, S.Kom., M.kom. Serta Raditia Vindua S.Si., M.Kom, Adam Muiz S.Kom., M.Kom, Nurhayati  S.Kom., M.Kom dan Sri Rama Putri S.Kom., M.Kom sebagai anggota, memberikan pemaparan tentang Microsof office, merupakan aplikasi yang  menjadi standar software, banyak digunakan di lingkungan perusahaan, perkantoran, bisnis dan pendidikan.

Ketua PKM dosen Universitas Pamulang, Dede Sunandar, S.Kom., M.kom, menjelaskan, jumlah peserta pelatihan dibatasi hanya 20 orang  dengan tetap mengikuti  protokol kesehatan, sesuai dengan aturan yang berlaku dimasa pandemi Covid-19.

Kata Dede, tujuan PKM ini untuk memberikan edukasi bagi para remaja musala Al Ikhlas, dalam penggunaan microsoft office khususnya microsoft word dan excel, yang tidak hanya berguna untuk kegiatan remaja musala, tetapi juga untuk membantu menyelesaikan tugas kuliah ataupun sekolah, mengingat sebagian besar peserta pelatihan masih duduk dibangku kuliah dan sekolah.

Lebih lanjut Dede memaparkan, agenda PKM yang mengambil tema ‘Pelatihan Microsof Office Word & Excel kepada Remaja Musala Al Ikhlas, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang’ ini, berisikan pemberian materi, tanyajawab dan tentunya praktik dengan dibimbing secara langsung oleh para dosen Universitas Pamulang.

“Pada saat tanyajawab, seluruh peserta begitu antusias ingin mengetahui lebih rinci materi yang kami berikan. Tentunya hal tersebut yang membuat kami lebih termotivasi dalam memberikan materi,” tegas Dede.

Sementara itu, perwakilan DKM Musala Al Ikhlas, Solikin, mengapresiasi kegiatan ini. Solikon mengatakan, meskipun dimasa pandemi Covid-19, dimana semua kegiatan belajar dialihkan di rumah, para remaja musala Al Ikhlas tetap harus semangat belajar dan harus mengikuti perkembagan teknologi, sebagai bekal di masa depan baik untuk kegiatan Musala Al Ikhlas, maupun untuk kepentingan diri sendiri.

“Tentunya kami sangat berterimakasih kepada dosen Prodi Teknik Informatika, Universitas Pamulang yang sudah melaksanakan PKM bagi anak-anak kami,” terang Solikin.

Seperti diketahui, kegiatan PKM merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajiib dilakukan oleh setiap dosen. Selain melakukan peneltian dan kegiatan belajar mengajar di kampus, tentunya pengabdian kepada masyarakat tidak kalah penting dan menjadi tugas utama dosen. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here