Home TANGERANG HUB Buruh Terdampak Covid Terima Bantuan

Buruh Terdampak Covid Terima Bantuan

0
SHARE
Buruh Terdampak Covid Terima Bantuan
BERIKAN BANTUAN: Ketua KSPSI Kabupaten Tangerang, Ahmad Supriadi (kanan) menyerahkan secara simbolis bantuan paket sembako kepada keluarga karyawan PT NASA, yang dirumahkan akibat pandemi Covid-19, Rabu (22/7). FOTO: KSPI Kab Tangerang for Tangerang Ekspres

PASAR KEMIS – Puluhan ribu pekerja PT Nasa yang terletak di Kecamatan Pasarkemis, Kabupaten Tangerang, menerima bantuan paket sembako. Mereka sudah dirumahkan sejak awal tahun akibat dampak Covid-19. Pabrik pembuat sepatu untuk kebutuhan ekspor dan dalam negeri terus mengalami kerugian sejak wabah virus menyebar ke seluruh dunia.

Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Kabupaten Tangerang, Ahmad Supriadi mengatakan, penyaluran paket sembako diperuntukan bagi karyawan yang dirumahkan. Ia menerangkan, bantuan berasal dari Presiden melalui kementerian sosial (kemensos).

“Mereka sekarang posisi upahnya hanya 10 persen dari normal. Selain itu, sekarang mereka dirumahkan akibat wabah Corona. Karena itu, kami selaku organisasi buruh mencari cara bagaimana agar meringankan beban anggota kami yang terdampak,” jelasnya kepada Tangerang Ekspres, Rabu (22/7).

Pria yang juga anggota DPRD Kabupaten Tangerang ini menyebutkan, penyaluran bantuan disaksikan oleh direksi perusahaan. Paket diberikan kepada keluarga karyawan yang terdampak atau dirumahkan karena pandemi Corona.

“Jumlahnya ada 1.250 orang. Ada anggota kita yang datang ada juga istri atau keluarga yang bersangkutan yang mengambil paket sembako. Intinya adalah pembagian paket sembako ini merupakan salah satu ikhtiar kita mencari jalan keluar dari dampak sosial yang turut dirasakan anggota kami,” ujarnya.

Adapun paket sembako yang dibagikan yakni, beras, minyak sayur, susu, gula pasir dan ikan kaleng siap saji. Supriadi menambahkan, bantuan didapat setelah berkonsultasi dan berkomunikasi dengan pengurus pusat KSPSI.

“Bantuan dari kemensos ini juga berdasarkan jumlah karyawan yang terdapat dari database kita. Nanti akan kita salurkan juga kepada karyawan diperusahaan lain. Jenis bantuannya sama yakni paket sembako. Mudah-mudahan secepatnya secara keseluruhan bisa menerima,” ujarnya.

Salah satu penerima bantuan, Fikri mengatakan, pekerjaannya saat ini sebagai buruh serabutan walaupun masih menerima gaji dari PT Nasa. Ia mengapresiasi perhatian organisasi kepada anggota yang terdampak secara sosial.

“Dengan paket sembako ini bisa mengurangi pengeluaran untuk biaya makanan selama empat sampai lima hari kedepan. Sekarang karena pendapatan tidak menentu jadi mesti hemat sana-sini. Ingin pulang ke kampung halaman. Hanya saja ada beberapa peluang pekerjaan yang masih ada buat menyambung hidup,” jelasnya. (sep/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here