Home PENDIDIKAN STMIK Eresha Gelar Workshop E-Commerce di SMK Ki Hajar Dewantoro

STMIK Eresha Gelar Workshop E-Commerce di SMK Ki Hajar Dewantoro

0
SHARE

PAMULANG – Pada masa pandemi Covid-19, dengan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), STMIK Eresha, Pamulang, Kota Tangsel, sebagai perguruan tinggi dengan kompetensi di bidang teknologi informatika dan komputer, terus berusaha hadir di tengah masyarakat untuk berkontribusi nyata.

Salah satu program kegiatannya adalah PKM Online dengan mengangkat tema “Implementasi E-commerce Berbasis Web Hasil Produk Kreativitas dan Inovasi Pelajar SMK Ki Hajar Dewantoro” yang diselenggarakan pada Sabtu 25 Juli 2020.
Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim mahasiswa magister (S2) dan Strata 1 (S1) yaitu Fitri Nurlaela, ST., Ida Agustini, S. Kom., Nilovar Asyiah, S. Kom., Nurhasanah, S. Kom., Yeskarwani Gulo, S. Kom., Ade Agus Setiawan, Arie Farhan, Fajar Setyo Pratomo, Muhammad Rasyid, dan Shela Meliana, serta Tim Dosen yaitu Dr. Ir. Agung Budi Susanto, MM dan Mochamad Adhari Adiguna, S, ST, M. Kom.

Di awal kegiatan Dr. Abu Khalid Rivai, M.Eng, Ketua LPPM STMIK Eresha menyampaikan, bahwa kegiatan PKM sebagai bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi ini diharapkan dapat berkontribusi nyata pada pemenuhan kebutuhan dari SMK Ki Hajar Dewantoro.

Lebih lanjut lagi beliau sangat mengharapkan bahwa melalui kegiatan PKM ini dapat menjadi inspirasi bagi sivitas STMIK Eresha dalam melakukan penelitian-penelitian agar berorientasi pada kebutuhan masyarakat sehingga sejalan dengan kebijakan “Kampus Merdeka” Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
Dalam sambutannya Saiful, M.Pd, Kepala SMK Ki Hajar Dewantoro menyampaikan, apresiasi kepada STMIK Eresha atas penyelenggaraan kegiatan PKM di lembaga yang beliau pimpin ini. Beliau juga sangat berharap melalui kegiatan PKM ini hasil-hasil produk dan inovasi SMK Ki Hajar Dewantoro dapat dikenal luas oleh masyarakat melalui media website sekaligus media E-Commerce.
Saat ini melalui kurikulum sekolah, siswa SMK Ki Hajar Dewantoro mempunyai daya kreativitas yang tinggi dengan membuat produk yang unik dan kreatif untuk bisa dijadikan peluang usaha namun belum memiliki sarana atau tempat transaksi jual beli untuk produk-produk tersebut. Sehingga kegiatan PKM ini dapat dimanfaatkan SMK Ki Hajar Dewantoro agar siswa/i mendapatkan wadah dalam memasarkan produk hasil kreativitas dan inovasi mereka dengan memanfaatkan E-commerce sebagai media promosi.

Dalam kegiatan PKM ini disampaikan penggunaan aplikasi E-commerce berbasis CMS WordPress, mulai dari Front End Developer atau pelanggan dalam memesan produk, membayar produk hingga produk yang kita pesan sampai pada pelanggan. Kemudian Back End Developer atau pihak admin yang memproses pesanan pelanggan dari mulai menerima pesanan hingga mengirim pesanan kepada pelanggan.
“Kegiatan PKM yang dilaksanakan mahasiswa STMIK Eresha ini diharapkan dapat bermanfaat bagi SMK Ki Hajar Dewantoro dalam mengembangkan para technopreneur muda” ujar Dr. Ir. Agung Budi Susanto, MM Dosen STMIK Eresha sekaligus Ketua Pengabdi PKM ini. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here