Home TANGERANG HUB Jelang HUT RI, Tugu Pahlawan Seribu Dipoles

Jelang HUT RI, Tugu Pahlawan Seribu Dipoles

0
SHARE
Jelang HUT RI, Tugu Pahlawan Seribu Dipoles

SERPONG-Jelang peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia, masyarakat pemerintah, TNI, Polri dan tokoh masyarakat melakukan kerja bakti dan pengecatan di Tugu Peringatan Makam Pahlawan Seribu, Cilenggang, Serpong, Selasa (11/8).

Dalam kerja bakti tersebut hadir Lurah Cilenggang Umar Dhani, Danrmail 03 Serpong Mayor Arh Wahyu Hidayat, Sejarawan Kota Tangsel Tubagus Sosrendra, IPSI, LSM dan lainnya. Mereka bahu membahu membersihkan dan mengecat Tugu Peringatan Makam Pahlawan Seribu.

Sejarawan Kota Tangsel Tubagus Sosrendra mengatakan, kerja bakti dilakukan jelang peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia, sehingga sewajarnya sebagai masyarakat kita bersih-bersih tempat dan mengingat lokasi Tugu Peringatan Makam Pahlawan Seribu merupakan tempat bersejarah.

“Di lokasi ini pada 1946 Ibrahim pimpinan Laskar Rakyat menyerang NICA dan lokasinya disini,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Selasa (11/8).

Tubagus menambahkan, bersih-bersih yang dilakukan adalah menyapu, tebang pohon dan Jumat besom akan diadakan pengecatan tugu. “Saya berharap masyarakat dan pemerintah membersihkan tempat-tempat sejarah jelang HUT ke-75 RI,” tambahnya.

Masih menurutnya, di Kota Tangsel ada 44 situs cagar budaya. Namun, setelah dideteksi oleh Arkeolog dari Provinsi Banten hanya 18 situa dan sisanya menyusul. Kondisinya ada beberapa yang memenuhi syarat yang diperdakan, yakni ada situs kuno, ada keturunannya, sejarah dan silsilahnya dan lainnya hanya petilasannya saja.

“Sebagai sejarawan saya berhatap segera diperdakan oleh pemerintah, karena khawatir dengan pengembang yang mencaplok lahannya,” jelasnya.

“Saya berharap masyarakat menghargai pahlawan yang telah gugur seteleh upara agar apel dilakukan di Taman Pahlawan 1.000,” tutupnya. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here