Home TANGERANG HUB Pembibitan Mandiri Hemat Rp 350 Juta

Pembibitan Mandiri Hemat Rp 350 Juta

0
SHARE
Pembibitan Mandiri Hemat Anggaran
HEMAT: Disbudpar Kota Tangerang mengklaim hemat anggaran Rp 350 juta dengan melakukan pembibitan mandiri di TMP Taruna. FOTO: Randy Yastiawan/Tangerang Ekspres

TANGERANG – Pembibitan mandiri yang dilakukan Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang, di klaim menghemat anggaran Disbudpar sebesar Rp 350 juta.

Kepala Disbudpar Kota Tangerang Ubaidillah Ansar mengatakan, saat ini sudah 35 ribu bibit yang telah berhasil dibuat di TMP Taruna. Pembibitan tersebut untuk menghemat anggaran di tengah pandemi virus corona.

“Pembibitan yang dilakukan di TMP Taruna ini tidak menggunakan anggaran. Ada 35.000 polybag, kalau setiap polybag dihargai Rp 10 ribu, kami sudah hemat Rp350 juta,”ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Kamis (13/8).

Ubaidillah menambahkan, pupuk yang digunakan untuk pembibitan tanaman hias dibuat sendiri oleh personel Bidang Pertamanan Disbudpar Kota Tangerang.

“Bahan Pupuknya dari daun-daun kering, air cucian beras dan buah-buahan busuk. Bahan tersebut bisa kita cari, untuk air cucian beras kita bekerjasama dengan pemilik rumah makan,”paparnya.

Ia menjelaskan, bibit-bibit tanaman hias tersebut nantinya diperuntukan untuk menghias jalan-jalan serta taman-taman yang dikelola Disbudpar.

“Dulu kami beli bibitnya, kalau sekarang kami kelola dan buat sendiri. Artinya anggaran pembelian bibit di tengah pandemi ini bisa kita atasi,”ungkapnya.

Ubed sapaan akrabnya menuturkan, pembibitan ini juga sesuai dengan intruksi Walikota Tangerang, karena anggaran dinas dipangkas maka diberdayakan apa yang bisa dimanfaatkan.

“Untuk itu kita berdayakan seluruh kemampuan dan pegawai untuk melakukan pembibitan. Sampah-sampah daun akan kita timbun, setelah menjadi pupuk bisa kita gunakan untuk melakukan pembibitan,”tutupnya. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here