Home TANGERANG HUB Tekan Anggaran HUT RI ke-75

Tekan Anggaran HUT RI ke-75

0
SHARE
Tekan Anggaran HUT RI ke-75
PENGIBAR BERNDERA: Paskibraka Kabupaten Tangerang saat mengibarkan bendera merah putih, saat HUT RI ke 75, diselenggarakan di Lapangan Maulana Yudha Negara, Puspemkab Tangerang, di Tigaraksa, Senin (17/8). FOTO: Humas Pemkab Tangerang for Tangerang Ekspres

TIGARAKSA – Ketua pelaksana Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-75 tingkat Kabupaten Tangerang Jaenudin, tidak mengetahui total anggaran yang dikucurkan melalui APBD Kabupaten Tangerang untuk kegiatan tersebut.

Jaenudin menuturkan, penganggaran dialokasikan dengan sumber dari beberapa OPD yang merupakan hasil rasionalisasi. Ia tidak mengetahui secara rinci berapa total anggaran tersebut. Untuk rinciannya, kata dia, terdapat di masing-masing OPD. “Total secara keseluruhan mungkin di DPA belum ada,” ujarnya, Senin (17/8).

Menurutnya, kegiatan peringatan HUT RI di tahun 2020 ini dirancang dengan cara sederhana. Sebab, kata dia, Pemkab Tangerang saat ini sedang mengencangkan pinggang, untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19. Ada pengurangan anggaran sebesar 80 persen dari APBD yang telah direncanakan sebelumnya, namun ia pun tidak menyebut berapa nilainya.

“Jadi kita hanya menyerap anggaran di angka 20 persen dari anggaran yang direncanakan. Sisanya dialihkan untuk penanganan Covid-19,” pungkasnya.

Berdasarkan surat dari Menteri Sekretariat Negara menjelaskan, bahwa mekanisme kegiatan peringatan HUT RI ke 75 di Kabupaten Tangerang berubah secara total. Melihat kondisi masih berlangsung Covid-19 yang melanda Indonesia dan dunia, membuat anggaran digunakan pun tidak terlalu besar.

“Tapi tetap kita mengedepankan rasa nasionalis dan membuat kondisi dengan penuh makna, jadi minimalis sederhana. Karena ini agenda nasional, kita tetap semaksimal mungkin bahwa pelaksanaan penuh hikmat,” tutupnya

Di tempat terpisah, memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-75, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam), melakukan tabur bunga, di makam pahlawan Letnan Sutopo, Serma Sulaeman dan Serda Yusuf, di Kampung Tanah Merah, RT 05/04, Desa Tanah Merah, Kecamatan Sepatan Timur Kabupaten Tangerang, Senin (17/8).

Acara yang berlangsung di tengah pandemi corona virus disease (Covid-19) ini dihadiri, Anggota DPRD Provinsi Banten Jaeni, Camat Sepatan Dadang Sudrajat, Pelaksana tugas (Plt) Camat Sepatan Timur Aan Ansori, Kapolsek Sepatan AKP I Gusti Moh Sugiarto, Danramil Sepatan Kapten Inf Agus Halim Siregar, kepala desa se-Kecamatan Sepatan dan Sepatan Timur.

Tabur bunga dimaksudkan sebagai bentuk penghormatan sekaligus mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah meraih kemerdekaan bangsa Indonesia dengan ikhlas mengorbankan jiwa dan raga. Serta meneladani sikap maupun mental para pejuang dalam mencintai tanah air.

“Dalam momen ini kamibberdoa untuk para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia,” kata Plt Camat Sepatan Timur, kepada Tangerang Eskpres, setelah acara tabur bunga.

Sementara itu, anggota DPRD Provinsi Banten Jaeni mengatakan, peringatan hari kemerdekaan adalah momentum untuk mengingat jasa para pahlawan bangsa yang rela berjuang demi tanah air tercinta. “Mari kita belajar dari watak maupun karakter para pejuang, yang lebih mengedepankan kepentingan masyarakat. Dan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi,” tutupnya, singkat. (zky/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here