Home TANGERANG HUB Upacara HUT ke-75 RI Digelar Sederhana, Inspirasi Menjadikan Indonesia Maju

Upacara HUT ke-75 RI Digelar Sederhana, Inspirasi Menjadikan Indonesia Maju

0
SHARE
Upacara HUT ke-75 RI Digelar Sederhana, Inspirasi Menjadikan Indonesia Maju
SEDERHANA: Walikota Airin Rachmi Diany didampingi Wakil Walikota Benyamin Davnie dalam upacara HUT ke-75 RI di halaman Balai Kota Tangsel, menyaksikan proses penaikan bendera oleh paskibraka, kemarin. FOTO: Miladi Ahmad/Tangerang Ekspres

CIPUTAT-Upacara 17 Agustus tingkat Kota Tangsel dilaksanakan di halaman Balai Kota, Senin (17/8). Upacara HUT ke-75 Republik Indonesia ini digelar sederhana.

Hadir Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie, Ketua DPRD Tangsel Abdul Rasyid, Kepolres Tangsel AKBP Iman Setiawan, Dandim 0506 Tangerang  Kolonel Infantri Bambang Heri Tugiono dan sejumlah tamu undangan.

Pelaksaan upacara tahun ini diikuti peserta terbatas. Lantaran, masih berada di tengah pandemi Covid-19. Tak hanya itu, peserta dan undangan juga terbatas. Kegiatan tetap dikawal dengan protokol kesehatan. Mulai dari pengecekan suhu tubuh, steril boks, hingga disediakan hand sanitaizer, wastafel serta tetap menjaga jarak.

Bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Kapten Infantri Dahlan yang saat ini menjabat Danrmail Pondok Aren. Untuk pembaca teks Proklamasi Ketua DPRD Tangsel, pembaca Pembukaan UUD 1945 Kapolres Tangsel dan pembaca Teks Pancasila Dandim 0506.

Sedangkan tim pembawa bendera adalah Nikomang Rika Tri Wahyuni (SMNA 3 Tangsel), M Gilang Arauf Adi (SMAN 6) dan Arkan Ezra Fariz (SMAN 12).

Dalam sambutannya, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan, HUT ke-75 Republik Indonesia merupakan sebuah momen yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Momen proklamasi adalah sebuah titik penanda bangsa Indonesia menyatakan dirinya sebagai bangsa yang merdeka, bangsa yang berdaulat. “Serta, sebagai bangsa yang memegang kendali penuh untuk menentukan nasibnya sendiri,” ujarnya.

Airin menambahkan, kemerdekaan tidak diraih dengan mudah melainkan harus dengan proses perjalanan yang sangat panjang dengan pengorbanan yang besar. Pahlawan bangsa memberikan semua yang mereka miliki termasuk jiwa dan raga agar Indonesia bisa merdeka. Mereka lebih mengutamakan nasib bangsa dibandingkan nasib dirinya sendiri serta meletakkan kepentingan besar di atas kepentingan pribadi.

“Maka, apa yang diberikan mereka harus jadi bahan insprirasi, mengilhami dan menjadi renungan bagi kita sebagai generasi penerus. Perjuangan yang kita alami tentu berbeda dari yang dihadapi pahlawan yang telah gugur dalam pertahankan kemerdekaan.

Perjuangan kita saat ini lebih kepada membangun bangsa yang lebih maju, adil dan makmur serta disegani bangsa lainnya serta bangsa yang terdepan dalam pemanfaatan teknologi,” paparnya.

“Tantangan apapun yang kita hadapi, tujuan apapun yang kita raih semangat dan tekad yang kita miliki harus tetap sama dan sejalan dengan apa yang telah ditunjukkan oleh para pejuang kemerdekaan bangsa ini,” tambah Airin.

Masih menurutnya, sebagai generasi penerus kita harus mampu melanjutkan apa yang dicita-citakan oleh generasi terdahulu. Tema kemerdekaan tahun ini adalah “Indonesia Maju” ini harus menjadi pemberi inspirasi pembangun pola pikir dan sekaligus pengingat bahwa kita bisa, mampu dan memiliki semua yang dibutuhkan untuk menjadi sebuah negara bangsa dan masyarakat yang maju.

Untuk mewujudkannya semua tergantung dan kembali kepada diri kita dalam konteks Kota Tangsel untuk membangun sebuah kota yang maju tentunya dibutuhkan kerja keras dan kerja sama dari semua elemen.

Sejak pembentukannya pada 2008 yang lalu Kota Tangsel telah banyak mengalami perubahan. Banyak yang telah diraih dan diwujudkan namun, satu hal yang perlu diingatkan dijadikan sebuah prinsip jangan pernah kita merasa puas dengan sebuah pencapaian.

“Kita harus terus berusaha untuk lebih maju dan lebih baik lagi. Upaya untuk membangun dan memajukan kota atau sebuah wilayah bukanlah sebuah pekerjaan yang akan berhenti di satu titik kerana, apa yang ditargetkan tela tercapai. Target dan tantangan kedepan selalu ada,” jelas Airin.

Sampai saat ini belum ada jawaban pasti kapan akan berakhirnya pendemi covid-19 dan kita harus bersama kedepankan prinsip optimisme terhadap semua ujian dan cobaan ini. “Kita harus tetap mengutamakan prinsip pantang menyerah kerja keras dan tawakal,” jelasnya.

Ibu dua anak ini menuturkan, kita harus tetap mampu bersikap positif sekiranya sikap semangat dan tekad yang telah ditunjukkan oleh para pahlawan pejuang bangsa sangat relevan untuk kita. Jadikan mereka sebagah contoh dan pemberi motivasi.

Pesan yang dapat diambil dari apa yang telah dilakukan oleh mereka adalah bahwa keterbatasan dan kekurangan Bukanlah sebuah alasan untuk menyerah. Keberhasilan bukan semata-mata ditentukan oleh keterbatasan dan kekurangan yang ada pada diri kita tapi, lebih kepada kemauan dan kemampuan kita untuk berjuang dan bekerja keras.

Di tengah pandemi yang diharapkan dari kita semua adalah adanya kerja keras untuk selalu disiplin sadar dan berupaya mencari solusi terbaik. Kita harus berusaha bersinergi menjalankan kewajiban dan peran masing-masing dengan baik kita harus mampu menjaga diri sendiri keluarga dan lingkungan.

Kita juga harus mampu menunjukkan sikap kepedulian dan kepekaan terhadap mereka yang terdampak. Pemkot Tangsel sedang dan akan terus berusaha semaksima mungkin untuk menangani covid-19 dan dampak yang ditimbulkannya. Kebijakan yang diambil adalah penanganan dari aspek hulu dan juga hilir.

Beberapa kebijakan yang telah dilakukan antara lain perberlakuan pembatasan sosial berskala besar, pembangunan rumah lawan covid-19 yang merupakan tempat perawatan pasoen, pembelian alat swab, penyeemprotan cairan disinfektan, relaklasi skema pajak daerah dan lainnya.

Airin memberikan penghargaan dan apresiasi serta ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah menunjukkan kerja keras kerja sama dan kepedulian terhadap kondisi yang kita hadapi. Dari kalangan masyarakat satuan gugus tugas, tokoh masyarakat komunitas lingkungan organisasi kemasyarakatan, kepemudaan, keagamaan hingga dunia usaha banyak yang telah menunjukkan upaya dan memberikan kontribusi yang maksimal.

“Mari kita semua untuk mempertahankan dan kita teruskan apa yang menjadi sinergitas yang baik selama ini,” tuturnya.

Semangat kebersamaan dan kerja bersama ini adalah sebuah modal sosial yang sangat penting satuan langkah dan kesamaan gerak ini adalah sebuah komponen penting dalam menyelesaikan tantangan yang kita hadapi dan bagi juga bagi pembangunan daerah. Kita harus yakin dengan kerja keras, kerja cerdas, kebersamaan dan juga ridha dari Allah kita akan dapat menyelesaikan permasalahan dengan baik.

Ia mengajak kita semua yang merupakan penerus perjuangan para pahlawan untuk terus berkarya dengan senantiasa dilandasi semangat pantang menyerah tidak mengenal putus asa kebersamaan kekeluargaan dan keikhlasan. “Mari kita semua sekali dengan peran kita masing-masing terus memberikan kontribusi yang optimal bagi kemajuan daerah bangsa dan negara yang kita cintai,” tutupnya. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here