Home TANGERANG HUB Bawaslu Uji Kemampuan Panwascam

Bawaslu Uji Kemampuan Panwascam

0
SHARE
Bawaslu Uji Kemampuan Panwascam
BIMBING PESERTA: Ketua Bawaslu Kota Tangsel M Acep membimbing salah satu peserta berkaitan dengan pengawasan dalam bimbingan teknis sebelum dilakukan pretest kepengawasan di salah satu rumah makan, di Serpong, kemarin. FOTO: Miladi Ahmad/Tangerang Ekspres

SERPONG-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tangsel menggelar rapat koordinasi pengawasan dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tangsel 2020 di Serpong, Rabu (26/8). Dalam kegiatan yang diikuti Panita Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan petugas TPS se-Kota Tangsel, dilakukan pretest atau uji kemampuan peserta.

Ketua Bawaslu Kota Tangsel, Muhamad Acep, menjelaskan, para pengawas harus mengedepankan integritasnya sebagai penyelenggara. Sehingga, perlu dilakukannya bimtek dan pretest tahapan pelaporan pengawasan yang dilakukan oleh panwas Kecamatan, Kelurahan bahkan petugas TPS yang ada.

“Kita masuk dalam tahapan pemilihan walikota, kita mengajarkan petugas dan pengawas ini untuk menguji kemampuan mereka apakah mereka sudah mengerti dan paham akan pengawasan yang mereka lakukan,” ungkapnya.

Dalam pretest tersebut, akan ada nilai yang keluar tertinggi dan terendah, dan setelah hasil keluar akan dilakukan bimtek kembali untuk mengetahui keberhasilan tes tersebut, apakah pengawas ini mengerti tugasnya sebagai pengawas pilkada, apa yang harus mereka laporkan dan kemana mereka harus melaporkannya.

“Untuk temuan dan penerimaan laporan pelanggaran, bawaslu menggunakan aplikasi Gowaslu,aplikasi ini untuk memudahkan pemantau dan masyarakat pemilih dalam mengirimkan laporan dugaan pelanggaran yang ditemukan dalam proses pilkada,” jelasnya.

Kegiatan rakor ini sangat penting, dikarenakan untuk meningkatkan kapasitas pengawas yang ritmenya semakin tinggi. “Kita ingin mereka paham apa yang harus mereka lakukan dalam pengawasan pilkada ini,” singkatnya. (mol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here