Home TANGERANG HUB Tiga Peserta Tes SKB di Isolasi, BKPSDM: Tetap Bisa Ikut Susulan

Tiga Peserta Tes SKB di Isolasi, BKPSDM: Tetap Bisa Ikut Susulan

0
SHARE
Tiga Calon Peserta Tes SKB di Isolasi BKPSDM: Tetap Bisa Ikut Susulan
TINJAU: Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyid (kedua dari kiri) menyapa peserta tes SKB CPNS di Universitas Budhi Dharma, Kota Tangerang saat pelaksanaan tes di hari pertama, Selasa (22/9). FOTO: Humas Pemkab Tangerang for Tangerang Ekspres

TANGERANG – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tangerang baru saja menggelar tes seleksi kompetisi bidang (SKB). Meraka, merupakan calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang sebelumnya dinyatakan lulus tes seleksi kompetisi dasar.

Pelaksanaan tes digelar di Universitas Budhi Dharma, Kota Tangerang pada 22 hingga 23 September. Tes dilaksanakan sesuai protokol kesehatan yakni peserta dan panitia wajib memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun sebelum memasuki area tes. Peserta juga dicek temperatur tubuh dengan thermogun.

Kepala Bidang Pengembangan Pegawai BKPSDM Kabupaten Tangerang, Chica Dewi mengatakan, kepada  peserta tes yang tidak hadir tanpa keterangan akan dinyatakan secara otomatis gugur. Adapun, pengumuman hasil tes menunggu arahan selanjutnya dari BKN.

“Hari kemarin pada 22 September yang tidak hadir ada 11 orang dari peserta sebanyak 555 orang. Hari terahir tes pada 23 September peserta sebanyak 430 orang dan yang tidak hadir sebanyak 10 orang. Mereka tanpa keterangan. Secara otomatis gugur. Kecuali yang tiga orang yang sedang menjalani isolasi. Mereka tidak gugur hanya ada tes susulan. Bisa menunggu sampai hasil negatif Covid, bisa juga di lokasi karantina. Untuk pengumuman masih menunggu jadwal dari BKN,” pungkasnya.

Chica menjelaskan, tes dilaksanakan sesuai protokol kesehatan dari gugus tugas Pemkot Tangerang. Ia memaparkan, peserta wajib datang sesuai jadwal sesi dan hadir 30 menit sebelum tes di mulai. Menurutnya, peserta dapat melihat kanal Badan Kepegawaian Nasional di Youtube secara live streaming atau langsung untuk memantau jadwal tes berikut hasilnya.

“Berjalan sesuai dengan protokol kesehatan. Kita sediakan tempat cuci tangan dipintu masuk area kampus dan seleksi. Juga kita sediakan handsanitizer. Lokasi tes kita lakukan penyemprotan dengan cairan disinfektan sebum dimulai. Ruangan juga disemprot sebelum ataupun sesudah dipakai. Semua berdasarkan petunjuk dari gugus tugas penanganan Covid-19 Pemkot Tangerang karena lokasi di Kota Tangerang,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres melalui sambungan seluler, Rabu (23/9).

Diungkapkan Chica , ada tiga peserta tes SKB yang tidak hadir saat pelaksanaan mulai 22 hingga 23 September. Menurutnya, keterangan dari keluarga serta surat kesehatan dapat disimpulkan positif Covid-19 dengan status orang tanpa gejala (OTG) dan sedang menjalani isolasi.

Chica menegaskan, ketidakhadiran ketiga orang tersebut tidak dianggap gugur atau mengundurkan diri. Karena, dapat menjalani tes SKB susulan di lokasi karantina setelah proses seleksi bidang selesai digelar. Kebijakan tersebut sesuai dengan aturan yang dikeluarkan pemerintah maupun BKN karena masa pandemi Covid-19.

“Ada tiga orang yang tidak hadir karena sedang menjalani isolasi. Mereka terkonfirmasi terinfeksi virus corona. Namun tidak gugur. Berdasarkan arahan dari BKN akan ada ujian susulan untuk mereka. Tentunya dengan penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat baik untuk panitia maupun pesertanya. Pelaksanaan tes bagi mereka terpisah. Tidak gugur kepersertaannya. Hanya saja ujiannya terpisah,” tegasnya. (sep/din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here