Home BANTEN Satu Kontainer Sepatu New Balance Dibajak

Satu Kontainer Sepatu New Balance Dibajak

0
SHARE
Satu Kontainer Sepatu New Balance Dibajak
BARANG BUKTI : Kapolres Serang AKBP Mulyono menunjukkan barang bukti sepatu yang dibawa kabur pelaku, di Mapolres Serang, Senin (28/9). FOTO: Agung Gumelar/Banten Ekspres

SERANG-Komplotan perampok membajak truk kontainer berisi ribuan pasangan sepatu merek New Balance (NB). Truk berisi 2.256 pasang sepatu yang akan diekspor ke Amerika Serikat (AS) dibawa kabur oleh sopir berinisial TP dan keneknya, AS. Keduanya akhirnya tertangkap di Cilincing, Jakarta Utara. Sementara pria berinisial HS (60), yang menjadi otak pelaku masih buron.

Sepatu merek NB cukup ternama di Indonesia. Untuk model keluaran terbaru, berharga di atas Rp 1 juta. Pembajakan ini sudah direncanakan dengan rapi. Pelaku sudah paham betul bahwa PT Parkland World Indonesia (PWI), Jalan Raya Serang, Cikande, Kabupaten Serang, ini memproduksi sepatu kualitas ekspor merek NB. Disusunlah rencana matang. TP melamar pekerjaan menggunakan KTP palsu sebagai sopir truk kontainer di perusahaan ekspedisi yang menjadi langganan PT PWI membawa sepatu ke Pelabuhan Tanjung Priuk, Jakarta Utara.

“Pelaku ini baru satu bulan sebagai sopir truk di perusahaan ekspedisi,” ujar Kapolres Serang AKBP Mariyono, kemarin. Pada Kamis 30 Juli lalu, ribuan pasang sepatu sudah dikemas rapi di dalam kontainer. Siap dikirim ke pelabuhan. Sumber Tangerang Ekspres menyebutkan, biasanya sepatu dikirim tidak dalam kondisi sepasang. Sepatu sebelah kiri dan kanan beda kontainer. Ini untuk keamanan selama dalam perjalanan agar tidak hilang. “Pada pengiriman 30 Juli itu, sepatu dikirim sepasang dalam satu kontainer. Pelaku ini tahu jika kontainer itu berisi sepasang sepatu, ” ujar sumber tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here