Home PENDIDIKAN Mahasiswa Teknik Informatika Unpam Gelar PKM di Lebak

Mahasiswa Teknik Informatika Unpam Gelar PKM di Lebak

0
SHARE

LEBAK-Dalam rangka menerapkan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, mahasiswa Universitas Pamulang (Unpam) menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMP Islam Al-Bashri (Boarding School) yang berdomisili di Kampung Ciseel Lebak-Banten. Meskipun dengan jarak tempuh yang sangat panjang, mahasiswa Teknik Informatika (TI) tetap semangat untuk menggelar PKM tersebut.

Hal tersebut membuktikan bahwa civitas akademika Universitas Pamulang siap menjalankan motto-nya yaitu “Berbagi untuk Negeri”.

Tema dalam kegiatan PKM ini adalah sosialisasi penggunaan Microsoft Office kepada siswa dan siswi SMP Islam Al-Bashri. Sosialisasi ini penting dilakukan mengingat penggunaan aplikasi-aplikasi Microsoft Office sudah sangat umum di dunia usaha maupun dunia industri. Sehingga tanpa disadari para pelaku dunia usaha maupun dunia industri dituntut untuk menguasai aplikasi-aplikasi Microsoft Office, terutama Microsoft Word, Microsoft Excel dan Microsoft PowerPoint.

Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan oleh 9 mahasiswa/i Universitas Pamulang yang dibimbing oleh salah satu dosen Teknik Informatika Universitas Pamulang. Kegiatan ini merupakan kegiatan wajib di setiap semesternya untuk mahasiswa yang sudah mencapai semester 5 dengan harapan dapat mengamalkan ilmu-ilmu yang telah diberikan para dosen selama semester 1 sampai semester 4.

Disamping itu, mahasiswa yang tergabung dalam kegiatan PKM ini juga akan melakukan observasi terkait apa yang dibutuhkan SMP Islam Al-Bashri (Boarding School) untuk kegiatan PKM selanjutnya.

Hilman Rohmansyah, selaku kepala SMP Islam Al-Bashri (Boarding School) menyambut baik kegiatan ini. “Ini merupakan salah satu kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh kami, karena dengan kegiatan seperti inilah siswa dan siswi kami bisa mendapatkan ilmu-ilmu yang bisa saja tidak diajarkan atau tidak ada di kurikulum sekolah kami,” katanya.

Konsep pelaksanaan kegiatan PKM ini adalah para mahasiswa melakukan presentasi di depan siswa yang disertai tanya jawab dan praktik, sehingga akan memudahkan para siswa untuk menyerap materi yang telah diberikan.
Penyampaian materi juga disertai dengan beberapa pengalaman mahasiswa terkait aplikasi-aplikasi Microsoft Office dan beberapa tips dalam penggunaan aplikasi tersebut.

Sementara itu, siswa yang menjadi peserta dalam kegiatan ini sangat antusias menyimak materi-materi yang diberikan, tidak sedikit juga siswa yang rasa ingin tahu terhadap aplikasi ini cukup tinggi. Beberapa siswa juga menyadari bahwa sebagai generasi muda, mereka tertantang selain memiliki kemampuan hard skill juga mereka harus memiliki kemampuan soft skill. (dev)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here