Home BANTEN 93 Rumah Rusak Digulung Puting Beliung

93 Rumah Rusak Digulung Puting Beliung

0
SHARE
BENCANA ALAM: Rumah warga rusak tertimpa pohon akibat hantaman angin puting beliung, Selasa (10/5)

LEBAK – Sebanyak 93 rumah di Desa Gunung Kencana dan Desa Suka Negara, Kecamatan Gunung Kencana, Kabupaten Lebak rusak. Ini akibat angin puting beliung yang mengamuk Senin (6/5) sekitar pukul 17.30 WIB.

Selain menyapu puluhan rumah, angin puting beliung juga merusak beberapa fasilitas umum, di antaranya satu ruangan IPA SDN 1 Gunung Kencana, kanopi gedung PGRI ambruk, atap Puskesmas Gunung Kencana rusak, serta atap gedung eks UPTD PUPR Kabupaten Lebak rusak berat.

Febby Rizky Pratama, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak mengatakan, bencana angin puting beliung itu terjadi bersamaan dengan awan pekat disertai hujan lebat di Kecamatan Gunung Kencana. Kemudian, di tengah hujan deras dan awan gelap tersebut, muncul pusaran angin puting beliung yang sangat besar.

Angin puting beliung menerjang apa saja yang ada di sekelilingnya.
“Bencana angin puting beliung yang terjadi kemarin itu, sebelumnya belum pernah terjadi dan akibat kejadian tersebut puluhan rumah rusak serta fasilitas umum lainnya mengalami kerusaka,” katanya kepada Banten Ekspres, Selasa (10/5). Beruntung, kata Febby, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Hanya saja ada seorang warga bernama Icang (65) sempat dirawat di Puskesmas Gunung Kencana, karena kaget dan ketakutan penyakit jantung yang dideritanya kambuh.

Namun saat ini yang bersangkutan sudah dipulangkan ke rumahnya.
“Hanya luka ringan saja, sehingga malam itu juga sudah bisa pulang dari puskesmas,” ujarnya. Menurut Febby, berdasarkan data terbaru, pihaknya bersama TNI/Polri melakukan pertolongan kepada seluruh warga yang terdampak, serta memberikan bantuan kedaruratan.

Bahkan, karena kondisi saat ini juga masih turun hujan, pihaknya mendirikan tenda darurat untuk warga. Kemudian, khawatir terjadi peristiwa yang tidak diinginkan, aliran listrik di lokasi bencana dimatikan sampai besok hari.

“Beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Namun, kerusakan bangunan lumayan banyak, jadi kami beserta aparat lainnya saat ini merapikan rumah rumah yang rusak. Kami pun mendirikan tenda-tenda buat masyarakat sampai semuanya kembali normal,” paparnya.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak, Abdul Malik membenarkan jika ada satu sekolah terdampak bencana angin puting beliung di Kecamatan Gunung Kencana. Saat ini, pihaknya sudah menurunkan tim ke lapangan guna mengidentifikasi kerusakan lebih lanjut lagi. Hal tersebut dilakukan karena khawatir ada sekolah lainnya yang ikut terdampak.

“Sementara yang dilaporkan satu sekolah saja. Kita sudah terjunkan tim untuk melakukan identifikasi lebih lanjut. Semoga tidak ada bangunan sekolah lainnya yang terdampak,” katanya.

Berdasarkan pemantauan, saat ini di lokasi bencana, berbagai stakeholder Lebak bahu-membahu membantu warga dalam membersihkan puing di rumah warga yang rusak, mulai dari organisasi kepemudaan KNPI, Karang Taruna, mahasiswa, dan partai bersama-sama membantu warga.(mg-5/tnt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here