Home BANTEN Desember, Empat Gedung Puspemkab Serang di Ciruas Rampung

Desember, Empat Gedung Puspemkab Serang di Ciruas Rampung

0
SHARE
Para pekerja tengah membangun gedung OPD di Puspemkab Serang, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, Selasa, 9 Agustus 2022. FOTO AGUNG GUMELAR/TANGERANG EKSPRES

SERANG, TANGERANGEKSPRES.CO.ID – Pembangunan Pusat Pemerintahan Kabupaten (Puspemkab) Serang di Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang terus berjalan.

Pembangunan itu dilakukan secara bertahap sejak 2021 dengan pembangunan satu gedung Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang.

Tahun ini, Pemkab Serang menargetkan pembangunan empat gedung organisasi perangkat daerah (OPD)-nya rampung.

Kepala Bidang Perumahan dan Gedung Pemerintahan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Tata Bangunan (DPKPTB) Kabupaten Serang, Tony Kristiawan mengatakan, keempat gedung yang tengah dibangun itu meliputi gedung Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoumperindag), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans), dan Dinas Pertanian (Distan).

Untuk pembangunan gedung Dinkes telah mencapai 25,7 persen, Diskoumperindag mencapai 27 persen, dan Disnakertrans dan Distan masing-masing mencapai 13 persen.

“Keempat gedung itu pondasi-pondasinya telah dibuat. Ada gedung yang sudah lantai dua dan sudah dicor. Pembangunan gedung ini bisa dibilang lebih cepat dibandingkan tahun kemarin. Karena, dimulainya sejak Juni dan November ditarget selesai. Mudah-mudahan tidak lewat tahun,” katanya saat ditemui wartawan di kantornya, Selasa, 9 Agustus 2022.

Toni mengatakan, pembangunan dua gedung Diskoumperindag dan Dinkes dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Serang.

Sedangkan, dua gedung lainnya (Disnakertrans dan Distan) dianggarkan melalui Bantuan Gubernur (Bangub) Provinsi Banten.

“(Anggaran) gedung Diskoumperindag sebesar Rp15,3 miliar, Dinkes sebesar Rp16,2 miliar. Kemudian, Disnakertrans dan Distan sebesar Rp30 miliar,” ujarnya.

Sementara untuk 2023, kata Toni, sesuai Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) 2023, Pemkab Serang berencana melakukan empat pekerjaan di Puspemkab Serang.

Yaitu, pembangunan gedung Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Serang, pembangunan selasar penghubung Blok B1, pembangunan landscape Blok B1, dan pengurukan lahan Blok B3 Kawasan Puspemkab Serang.

“Keempat pekerjaan itu menggunakan APBD Kabupaten Serang dengan pagu anggaran mencapai Rp42 miliar,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala DPKPTB Kabupaten Serang, Okeu Oktaviana mengatakan, pembangunan empat gedung di Puspemkab Serang ditarget selesai pada Desember 2022. Januari 2023, keempat gedung tersebut sudah dapat diisi.

“Sekarang sedang dibangun empat gedung, akhir bulan di Desember nanti Insya Allah dapat selesai. Sehingga, Januari atau Februari paling lambat sudah bisa diisi,” katanya.

Selain pembangunan gedung, kata Okeu, pihaknya juga bakal membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) secara bertahap. Luasnya mencapai 3 hektare yang menghabiskan anggaran sebesar Rp60 miliar.

Tahun ini, RTH baru dibangun seluas 1 hektare dengan anggaran sebesar Rp4,6 miliar.

“Nanti di RTH itu ada taman bermain, stadion mini, jogging trek, dan lainnya. Tahun ini, kita hanya bangun 1 hektare dulu untuk taman bermain, yang anggarannya mencapai Rp4,6 miliar. Jika menghitung keseluruhan (anggaran) itu mencapai Rp60 miliar,” ujarnya. (mg-7/tnt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here