Home PERISTIWA Peringati Hari Veteran Nasional Ben: Tidak Ada Akhir Pengabdian dan Perjuangan

Peringati Hari Veteran Nasional Ben: Tidak Ada Akhir Pengabdian dan Perjuangan

0
SHARE

CIPUTAT-Pemkot Tangsel dan Pemuda Panca Marga Kota Tangsel memperingati Hari Veteran Nasional ke-73 di Sekretariat Dewan Pimpinan Cabang Legiun Veteran RI Kota Tangsel di Kawasan GOR Ciputat.

Peringatan dihadiri oleh beberapa legiun veteran. Tema yang diangkat dalam peringatan Hari Veteran Nasional ke-73 adalah “Membangun Indonesia yang maju, sejahtera didasari oleh jiwa, semangat dan nilai-nilai juang 45”.

Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada veteran yang walaupun usinya telah sepuh namun, semangatnya jauh melebihi kita yang masih muda, veteran tetap semangat untuk hadir dalam acara ini.

“Semoga Allah selalu memberikan kesehatan dan melimpahkan rahmat kepada orang tua kita para veteran ini,” ujarnya saat sambutan, Rabu (10/8).

Pria yang biasa disapa Pak Ben ini menambahkan, hari Veteran Nasional menjadi salah satu momentum penting. Tidak saja untuk mengenang gencatan senjata pada 10 Agustus 1949, setelah para pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia melawan tentara Belanda di Surakarta, melainkan juga sebagai bagian dari upaya merawat ingatan kita atas jasa dan pengorbanan Veteran Republik Indonesia yang telah berjuang, membela dan mempertahankan kedaulatan negara kesatuan Republik Indonesia.

“Lebih jauh lagi peringatan hari veteran yang ditetapkan dengan keputusan Presiden RI Nomor 30 Tahun 2014 ini adalah sebagai upaya memelihara jiwa, semangat dan nila juang 1945 untuk diteruskan generasi muda saat ini dan di masa mendatang,” tambahnya.

Menurutnya, jiwa semangat dan nilai juang tersebut menjadi motor penggerak untuk mewujudkan pertumbuhan dan kemajuan laju gerak bangsa ini. Memperingati hari veteran nasional tahun 2022, Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Tangsel sebagai wadah resmi veteran bekerja sama dengan Pemkot Tangsel dan sejumlah pihak seperti pemuda panca marga ini telah melakukan berbagai kegiatan.

“Kita berharap kolaborasi seperti itu dapat terus dilakukan, sebagai wujud gotong royong dan kebersamaan yang merupakan nilai masyarakat Kota Tangsel,” ungkapnya

Pak Ben berharap, melalui berbagai kegiatan tersebut veteran menunjukkan bahwa tidak ada akhir untuk pengabdian dan perjuangan memajukan Kota Tangsel. Berkarya dan berbakti untuk nusa bangsa adalah tanggung jawab seumur hidup yang tidak bisa dihalangi oleh apapun juga.

“Veteran telah menunjukkan kerja dan teladannya. Selanjutnya menjadi tugas kita untuk mengambil teladan itu dan meraih tongkat estafet yang diulurkan untuk bekerja dan berusaha lebih keras lagi, sesuai dengan era dan kapasitas yang kita miliki,” ungkapnya.

“Saya berharap orang tua kita para veteran mampu membimbing kami sebagai penerus, mewariskan semangat jiwa 45, ikhlas berkorban untuk kemajuan Kota Tangsel yang sama-sama kita cintai ini,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Tangsel Apendi mengaku, pihaknya benar-benar memperhatikan mulai dari kebutuhannya dan kesehatan veteran dipantau. “Saat tasakuran 17 Agustus mendatang, veteran juga akan kita undang dan antar jemput ke lokasi acara,” ujarnya.

Apendi menambahkan, para veteran dilayani dengan baik dan mereka adalah pejuang dan kita sebagai penerusnya bagaimana kita untuk membangun untuk kesejahteraan masyarakat.

“Pada peringatan Hari Veteran Nasional ke-73 ini kita memberikan bantuan sembako dan sejumlah uang kepada veteran. Veteran di Tangsel dulu jumlahnya ada 14 orang dan sekarang tinggal 7 orang karena, yang lain telah meninggal,” tutupnya. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here