Home PERISTIWA Wakil Wali Kota Pilar Lepas 16 Kontingen Jambore Nasional Asal Tangsel

Wakil Wali Kota Pilar Lepas 16 Kontingen Jambore Nasional Asal Tangsel

0
SHARE

CIPUTAT,TANGERANGEKSPRES.CO.ID-Wakil Wali Kota Pilar Saga Ichsan melepas kontingen Jambore Nasional XI asal Kota Tangsel. Pelepasan 16 kontingen tersebut dilaksanakan di Ruang Display Balai Kota Tangsel, Kamis (11/8).

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Tangsel Wahyunoto Lukman mengatakan, Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Tangsel selalu ambil bagian dalam kegiatan Jambore Nasional. “Pada Jambore Nasional XI tahun 2022 kita kembali ambil bagian dengan mengirimkan 16 perwakilan anggota Pramuka,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Kamis (11/8).

Wahyunoto menambahkan, Jambore Nasional XI dilaksanakan 12-21 Agustus di Bumi Perkemahan Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur. Peserta Jambore Nasional XI tahun ini adalah hasil seleksi dari Kwartir Ranting, total ada 16 orang yang mengikuti dan dibagi dua regu, yakni 1 regu putra dan 1 regu putri.

“Kemarin kontingen ini sudah dilepas oleh Pj. Gubernur Banten. Hari ini pelepasan oleh Wakil Wali Kota Tangsel dan setelah ini kontingen langsung berangkat ke Cibubur,” tambahnya.

Masih menurutnya, peserta Jambore Nasional nantinya akan mengikuti berbagi kegiatan perkemahan untuk mengasah keterampilan. Juga meningkatkan kemampuan panduannya, bagaimqna menjadi pemimpin kepanduan, bagaimana mengajak anggota lain untuk melaksanakan dan melakukan dasa darma pramuka,” jelasnya.

Wahyunoto menambahkan, Jambore Nasional dilaksanakan tiap 5 tahun sekali. Ia berharap kegiatan tersebut menjadi pemicu dan motifasi bagi yang lain agar terus mengembangkan dan mengasah serta meningkatkan kemampuannya melalui Pramuka. “Karena Pramuka itu dari dulu sampai sekarang moto atau slogannya Mengabdi tanpa batas,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tangsel yang sekaligus Wakil Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan mengucapkan, selamat mengikuti Jambore Nasional kepada adik-adik pramuka penggalang khususnya utusan kontingen Cabang Kota Tangsel.

“Gerakan pramuka merupakan suatu sistem pendidikan non formal yang membantu dan melengkapi pendidikan formal,” ujarnya.

Pilar menambahkan, gerakan pramuka adalah sebuah gerakan yang membentuk watak, karakter dan kepribadian generasi muda bangsa. Gerakan pramuka merupakan kegiatan ekstra kurikuler di luar sekolah, tempat menempa keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin dan membina semangat kebersamaan.

Sebagai wahana untuk mewujudkan warga bangsa yang berkepribadian, berwatak dan memiliki jiwa bela negara. Telah banyak hasil dan kemajuan yang kita peroleh pada peningkatan kualitas gerakan pramuka. Gerakan pramuka telah kembali diminati oleh generasi muda bangsa.

“Saya menilai berbagai upaya peningkatan kualitas pembinaan, pengkayaan keterampilan serta pembenahan organisasi dan manajemen dalam tubuh gerakan pramuka yang telah berjalan baik,” tambahnya.

Masih menurutnya, kemajuan besar yang kita peroleh adalah diterbitkannya Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Undang-undang tersebut merupakan wujud nyata dari perhatian negara, pemerintah dan masyarakat terhadap pentingnya gerakan pramuka serta manfaat pendidikan kepramukaan bagi kaum muda.

Memantapkan peran gerakan pramuka sebagai pembentuk kepribadian generasi muda yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, toleran dan disiplin dan hal-hal lainnya yang bermanfaat bagi gerakan pramuka.

“Dengan Jambore Ini kami berharap hendaknya dijadikan sarana belajar, berkarya dan membangun semangat persatuan sebagai sesama anak bangsa. Manfaatkanlah untuk menjalin persahabatan dan kebersamaan diantara kalian. Ikuti seluruh kegiatan jambore ini, serap pengalaman, pengetahuan dan keterampilan seluas-luasnya. Pererat persahabatan dan keakraban dengan rekan-rekan pramuka dari peserta yang lain,” jelasnya.

“Usai peserta pulang dari Jambore Nasional ini, sebarkan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman kalian kepada rekan-rekan dan teruslah mengikuti kegiatan kepramukaan di sekolah masing-masing. Apalagi saat ini kegiatan kepramukaan telah disesuaikan dengan kemajuan jaman,” ungkapnya.

Pilar berharap peserta Jambore Nasional dapat menanamkan kebanggaan sebagai anak
bangsa, agar tekun belajar, tingkatkan ketaatan beribadah disertai aktivitas olah jiwa dan olahraga, hormati orang tua dan guru-guru. Jadilah remaja yang aktif, kreatif dan energik.

“Jauhi kegiatan yang tidak bermanfaat dan merusak masa depan. Ajak rekan-rekan kalian untuk mengisi-kegiatan dan waktu luang di luar jam sekolah dengan kegiatan yang bermanfaat sebagai bekal ketika dewasa kelak untuk melanjutkan kepemimpinan negeri ini pada masa yang akan datang,” tutupnya. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here