Home BANTEN Kecamatan Kasemen Fokus Tangani Sampah

Kecamatan Kasemen Fokus Tangani Sampah

0
SHARE
Camat Kasemen Ahmad Nuri bersama jajaran dan petugas DLH membersihkan sampah liar di Kasemen, belum lama ini.

SERANG – Kecamatan Kasemen yang dipimpin Ahmad Nuri tengah fokus menangani permasalahan sampah yang ada di wilayahnya. Keberadaan sampah ini jadi salah satu program yang harus dijalankan karena berpengaruh terhadap kesehatan dan masalah lain di Kota Serang.

Ahmad Nuri mengatakan, terdapat tiga dorongan dalam mendukung program penangan sampah. Yaitu pertama, menumbuhkan kesadaran publik untuk menjaga kebersihan di masyarakat.

“Karena setelah kita identifikasi dan kita analisa serta kita lakukan beberapa hal terkait kesadaran publik ini memang masyarakat kasemen ini khususnya harus didorong oleh sosialisasi yang lebih masif,” katanya, Kamis (18/8).

Kesadaran publik tersebut dilakukan dengan berbagai sosialisasi, hingga ceramah agama oleh tokoh ulama. “Jadi harus didorong menggunakan hujjah agama oleh ulama, kemudian pemerintah lewat aturannya, dan juga tokoh-tokoh kultural,” ujarnya.

“Agar masyarakat itu sadar betul bahwa menjaga kebersihan adalah bagian dari pada iman. Menjaga kebersihan juga adalah perintah agama juga untuk menjaga kesehatan,” terang Nuri.

Dorongan yang kedua, yakni melakukan tindakan pemerintah dengan cara terus berkolaborasi dengan beberapa stackholder yang ada di lingkungan Kecamatan Kasemen. “Yang ketiga kita instruksikan sampai ke tingkat RT RW. Untuk memberikan kesadaran jika ada sampah yang masih numpuk laporkan ke kita,” ungkapnya.

Selain itu, untuk memaksimalkan penanganan sampah, Nuri meminta kepada Waliktoa dan Wakil Walikota Serang agar ada pelimpahan kewenangan penanganan sampah dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Dengan begitu pengelolaan sampah dapat ditangani lebih cepat.

“Kalau misalnya armadanya di kasih ke kita, anggarannya dikasih ke kita, terus tenaganya kasih ke kita, kita gampang. Misalnya ada sampah ke jalan petekong, dalam hitungan hari, tiga hari kita akan selesaikan. Numpuk lagi kita akan selesaikan,” tuturnya.

Ia mengaku, saat pertama jadi Camat di Kasemen, terdapat 27 titik penumpukan sampah sampah, secara perlahan ia mulai menangani dari 5 titik awal. “Alhamdulillah sekarang sampah-sampah yang liar itu sudah habis,” jelasnya.

Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Camat Kasemen Ahmad Nuri, program dilakukan diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan sampah di Kasemen.

“Inovasi dalam rangka mengurangi tumpukan sampah, mengurangi keberadaan sampah yang berserakan dan itu pun Pemkot Serang harus hadir dalam hal ini camat juga harus berinovasi terus juga para OPD-OPD yang lain juga harus bersinergi karena tidak bisa berdiri sendiri,” paparnya. (mam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here