Home TANGERANG HUB Relawan Kampung Siaga Bencana Terbentuk

Relawan Kampung Siaga Bencana Terbentuk

0
SHARE

TANGERANG — Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tangerang menyelenggarakan kegiatan pemberdayaan masyarakat terhadap kesiapsiagaan bencana. Tujuan kegiatan adalah koordinasi sekaligus sosialisasi yang dilaksanakan di Kantor Kecamatan Rajeg, Kamis (22/9).

Kepala Dinsos Kabupaten Tangerang Aziz Gunawan mengatakan, kegiatannya dilaksanakan selama dua hari di kantor kecamatan Rajeg. Hari pertama untuk tahap sosialisasi. Hari ke dua, praktik pengenalan penanganan dan penanggulangan bencana.

Sehingga diharapkannya, tim bisa cepat tanggap dan komunikatif dengan jaringan yang berkait. Pengorganisasian tim yang solid dan siap siaga pada waktunya. Mengenal segala macam bencana serta penanganannya baik secara dini maupun berkesinambungan.

“Dalam hal ini, kami memberdayakan masyarakat dengan merekrut 2 orang dari Karang Taruna dan 1 orang PKK dari 12 desa serta 1 kelurahan di Kecamatan Rajeg,” jelasnya kepada wartawan.

Camat Rajeg Ahmad Patoni menambahkan, terdapat sejumlah titik rawan banjir di Kecamatan Rajeg, diantaranya Desa Rajeg, Desa Rajeg Mulya dan Desa Mekar Sari.

“Mudah-mudahan dengan adanya relawan Kampung Siaga Bencana ini, tim relawan dapat secara dini tanggap setiap ada bencana banjir ataupun bencana alam seperti angin puting beliung,” kata Patoni.

Sehingga, dilanjutkannya, setiap terdapat bencana alam di wilayahnya dapat segera tertangani.

Sementara, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Rajeg Suparji Rustam mengaku senang dengan pembentukan relawan Kampung Siaga Bencana di wilayahnya.

“Semoga melalui pembentukan relawan ini, seluruh unsur yang terlibat dalam kebencanaan di kecamatan dapat semakin solid. Jadi ‘Ulah Pang Aing Aing’ atau jangan saling gua-gua. Lebih baik yuk kita saling bekerja sama bahu membahu membantu korban bencana,” pungkasnya. (zky)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here