Beranda BANTEN FKDKM Banten Lestari Gelar Seminar Manajemen Masjid dan Pelatihan Imam

FKDKM Banten Lestari Gelar Seminar Manajemen Masjid dan Pelatihan Imam

0
BERBAGI
Ketua DMI Kota Serang, H Komar (kiri) saat menjadi narasumber dalam seminar manajemen masjid yang digelar FKDKM TBL, kemarin.

TANGERANGEKSPRES – Forum Komunikasi Dewan Keluarga Masjid (FKDKM) Taman Banten Lestari, Kelurahan Unyur, Kota Serang, menggelar seminar manajemen masjid dan pelatihan imam dan khotib, Minggu, 29 Januari 2023. Dalam acara yang digelar di Masjid Ar-Rahmah RW 16, Taman Banten Lestari tersebut diikuti 44 peserta utusan dari pengurus masjid dan musala di Taman Banten Lestari.

Ketua FKDKM Taman Banten Lestari, Haji Juhri mengatakan, sejak tahun 2020-2023 FKDKM baru kaki ini melaksanakan kegiatan formal. Karena pada awal kepengurusan terbentuk, wabah Covid-19 melanda sehingga tidak bisa melaksanakan kegiatan yang bersifat mengumpulkan massa.

“Karena adanya korona sehingga dua tahun tidak bisa melaksanakan kegiatan. Ahamdulillah, tahun ini dengan diawali kegiatan hari ini, kita bisa melaksanakan acara seperti ini,” katanya.

Acara itu, mengangkat tema “Optimalisasi Fungsi Masjid Dalam Membina dan Menggerakkan Potensi Ummat”. Menurut Juhri, tu<span;>juannya adalah pertama untuk menjalin silaturahmi antara pengurus masjid dan musala se-TBL. “Agar lebih dekat dan lebih akrab. Kedua, tujuannya agar para pengurus masjid dapat membuat program masjid yang baik,” ungkapnya.

Ia juga menerangkan, dengan pelatihan imam dan khatib, diharapkan dapat mencetak imam dan khatib. Sehingga masjid dan musala tidak pernah kekurangan imam dan khatib. “Pelatihan ini untuk menyiapkan imam siap pakai dan mengetahui ilmunya,” katanya.

Juhri juga menerangkan, jumlah masjid di TBL ada 6, dan musala ada 5. Sehingga secara keseluruhan, di TBL ada 11 DKM. Kemudian, untuk narasumber kegiatan berasal dari Dewan Masjid Indonesia (DMI)  Kota Serang.

“Terima kasih kepada para pengurus masjid dan musala, mudah-mudahan kita tidak kekurangan imam dan masjid. Tidak ketergantungan hanya pada satu orang imam,” paparnya.

Pada bagian lain, Ketua Paguyuban RW se-Taman Banten Lestari, Wijaya Fasa mengapresiasi kegiatan itu. Ia juga memberikan respek yang tinggi kepada para peserta atas kehadirannya dalam acara itu.

“Biasanya, hari Minggu itu kita liburan. Namun, karena cintanya terhadap Allah SWT kita kumpul di sini,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, Paguyuban RW mengapresiasi kegiatan yang digelar. “Apalagi, FKDM bisa melaksanakan pelatihan manajemen masjid ini. Mudah-mudahan habis melaksanakan acara seminar ini, 11 DKM yang ada di TBL Jumat yang akan datang, khotibnya luar biasa,” tuturnya. (*)

Editor     : Endang Sahroni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here