Beranda BANTEN Gempa Bumi 5,9 SR Guncang Lebak Selatan

Gempa Bumi 5,9 SR Guncang Lebak Selatan

0
BERBAGI
titik gempa terlihat pada pangan informasi gempa.

TANGERANGEKSPRES.CO.ID – Gempa bumi berkekuatan 5,9 Skala Ritcher (SR) mengguncang Lebak bagian selatan yang berpusat pada koordinat 7,57° LS ; 106.14° BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 72 km Barat Daya Bayah, Banten dengan kedalaman 74 km tidak menimbulkan tsunami.

Kepala Pelaksana BPBD Lebak, Febby Rizki Pratama mengatakan, gempa bumi terjadi sekitar pukul 07.53 WIB dan terasa hampir di seluruh wilayah Kabupaten Lebak yakni 28 kecamatan. Namun, yang paling terasa di empat kecamatan terdekat titik gempa yaitu Bayah, cilograng, Cihara dan Cibeber.

“Memang sempat terjadi kepanikan pagi warga di selatan, namun tidak berlangsung lama, karena gempa tidak berpotensi tsunami,” kata Febby, melalui sambungan telepon, Rabu 3 Januari 2024.

Menurut Febby, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal. Namun, belum diketahui Seban guncangan ini, karena belum ada informasi dari BMKG.

“Sampai pukul 08.00 WIB berdasarkan rilis resmi BMKG tidak ada gempa susulan,” tuturnya.

Lanjutnya, saat ini relawan di setiap kecamatan tengah melakukan penyisiran dan pendataan terhadap dampak yang ditimbulkan. Hal tersebut untuk memastikan tidak ada korban jiwa atau kerusakan akibat gempa pagi hari tadi.

“Relawan sudah bergerak untuk melakukan pendataan. Sampai saat ini belum ada laporan kerusakan, karena pusat gempa berada di laut,” papar Febby.

Febby mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan waspada kala gempa bumi terjadi. Ambil tindakan sesuai dengan mitigasi gempa bumi. Jangan termakan isu liar di luaran.

“Tetap tenang, namun waspada dan hindari tempat – tempat rawan bencana, jangan percaya berita hoax yang dapat membuat kita panik,” ucap Febby.

Nurman, warga Kecamatan Bayah yang merupakan seorang nelayan menambahkan, guncangan gempa memang cukup terasa diwilayahnya. Karena titik gempa di wilayahnya paling terdekat dibanding dengan wilayah atau kecamatan lainnya.

“Namun begitu tidak ada kerusakan apapun dan aktivitas nelayan berjalan seperti biasa,” ucapnya.(*)

Reporter : A Fadilah
Editor : Andy

.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here