Home TANGERANG HUB Teknologi Permudah Layanan Kesehatan

Teknologi Permudah Layanan Kesehatan

0
SHARE

BALARAJA-Penerapan layanan masyarakat berbasis teknologi di RSUD Balaraja terus berkembang. Saat ini, RSUD Balaraja telah banyak memiliki berbagai jenis pelayanan kesehatan berbasis teknologi dengan sistem online. Inovasi Si Jempol (Sistem Informasi Jaringan Eelektronik Medik Online) menjadi jalan keluar dimana proses pengurusan ke rumah sakit tersebut semakin praktis.

Bupati Ahmad Zaki Iskandar mengatakan, program e-brojol, i-resep, infoton (Informasi Tempat Tidur Rawat Inap Online) serta layanan pasien BPJS kesehatan meruapakan bagian dari layanan berbasis teknologi dari Si Jempol. Menurutnya, layananan kesehatan tersebut hadir untuk memudahkan segala urusan masyarakat saat di RSUD Balaraja. Lantaran program Si Jempol pula Pemkab Kabupaten Tangerang menerima penghargaan Sistem Inovasi Pleayanan Publik (Sinovik) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

“RSUD Balaraja juga telah ditetapkan menjadi RSUD tipe B oleh Kementerian Kesehatan. Tentunya Si Jempol terus dikekambangkan,” ujar Zaki dalam sambutan saat melaunching gedung poliklinik baru di RSUD Balaraja, Rabu lalu. Gedung poliklinik yang baru diresmikan tersebut menyediakan 13 layanan poli kesehatan, didukung dengan 14 dokter umum, 3 dokter gigi, 30 dokter spesialis dan 2 orang dokter subspesialis.

Usai menandatangani prasasti peresmian, Zaki bersama Dirut RSUD Balaraja dr Reniati, Kadis kesehatan, anggota komisi II DPRD Kabupaten Tangerang, melihat satu persatu ruangan poli di gedung RSUD Balaraja yang baru itu. Zaki juga mengunjungi pasien yang tengah berobat di gedung baru tersebut. Zaki juga sempat melihat langsung pasien BPJS menggunakan dua fasilitas loket BPJS. Dengan mendaftar di loket tersebut, pasien langsung mendapatkan nomor antrean dengan cepat.¬†“Gedung lama di depan juga akan segera di rehab untuk melengkapi sarana dan prasarana di RSUD ini. Apalagi setiap enam bulan ada evaluasi dari Dinkes Provinsi dan Kementerian Kesehatan. Tentunya hal ini yang terus kita kembangkan dan sempurnakan,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Dirut RSUD Balaraja dr Reniati menjelaskan, layanan i-resep memudahkan pasien saat pengambilan resep oleh dokter dan menjamin keakuratan tulisan dokter saat sampai di tangan apoteker.¬†Kemudian layanan infoton (Informasi Tempat Tidur Rawat Inap Online) menjadi layanan informasi yang diakses oleh masyarakat menggunakan telepon selular untuk mengetahui ruang inap yang kosong. Dari berbagai jenis layanan Si jempol tersebut, layanan e-brojol menjadi yang teranyar yang dimiliki rumah sakit tersebut. E-brojol merupakan layanan persalinan dimana masyarakat menberima akta bayi secara ratis setelah melahirkan.¬†“Ditahun 2016 ada 155 bayi yang mendapatkan e-Brojol,” tandasnya.(mg-14).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here