Home PENDIDIKAN SDN Tuis 1 Kecamatan Sukadiri, Deklarasi Sekolah Menyenangkan

SDN Tuis 1 Kecamatan Sukadiri, Deklarasi Sekolah Menyenangkan

0
SHARE
MENYENANGKAN: Kepala SDN Tuis 1, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang Sayadi (kanan) menandatangani fakta integritas gerakan sekolah menyenangkan, Rabu (28/11). FOTO: Mas Deden Budiman/Tangerang Ekspres

 

SUKADIRI – SDN Tuis 1, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang mendeklarasikan diri gerakan sekolah menyenangkan, Rabu (28//11).

Seusai deklarasi, Kepala SDN Tuis 1, Sayadi,  menandatangi fakta integritas untuk menyelenggarakan gerakan sekolah menyenangkan yang juga disaksikan Pengawas SD Kecamatan Sukadiri Parjoko.

“Tujuannya adalah memberikan suasana yang menyenangkan kepada anak-anak didik sekolah. Bukan saja melalui sarana dan prasarana, tetapi juga metode pelajaran yang komunikatif, inovatif, dan kreatif,” ujar Sayadi, dalam memberikan sambutannya.

Sayadi mencontohkan, beberapa skema gerakan sekolah menyenangkan secara bertahap sudah mulai diterapkan di sekolah yang dipimpinnya, salah satu contohnya adalah program sanitasi sekolah (sanisek), pendidikan karakter dan kurangi sampah sekolah kita (kurasaki).

Dengan demikian, tinggal beberapa program saja yang harus ditambahkan berupa kegiatan-kegiatan yang membuat anak mencintai sekolah.

“Sudah berjalan di sekolah kami terkait sanitasi sekolah dan program kurangi sampah. Tinggal ditambah dengan kegiatan-kegiatan yang membuat anak betah dan mau mendatangi sekolah tiap hari,” kata Sayadi.

Ia berharap, program gerakan sekolah menyenangkan akan terus berjalan dan selalu berkembang menjadi lebih baik, sehingga menjadi gerakan yang menasional serta menjadi kewajiban untuk setiap sekolah.

“Program ini tentunya akan terus kami kembangkan dan bukan hanya sebatas seremonial,” kata Sayadi.

Pengawas SD Kecamatan Sukadiri Parjoko memaparkan, beranggapan anak-anak yang pintar dan cerdas didapatkan dari sekolah-sekolah yang menyenangkan. Oleh karena itu, para guru di sekolah harus sanggup menciptakan lingkungan yang kondusif dalam kegiatan belajar di sekolah.

“Peran guru sangat vital. Jangan sampai mereka membawa aura negatif di sekolah. Karena kalau guru membawa aura positif di kelas, maka hal itu akan berdampak luar biasa,” katanya.

Ia meminta guru menciptakan suasana yang gembira dan menyenangkan, sekolah-sekolah harus terasa begitu hidup, sementara senyum selalu menyungging dari para guru dan siswa yang melakukan kegiatan belajar-mengajar.

“Saya lihat suasana seperti ini memberikan stimulus semangat bagi siswa untuk mengembangkan gerakan sekolah menyenangkan,” tutur Parjoko.

Lebih lanjut ia memaparkan, apa yang sudah dilakukan saat ini adalah usaha untuk membangun kualitas anak-anak didik di SDN Tuis 1. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here