Home TANGERANG HUB Warga RMK Isi Maulud dengan Adu Jurus

Warga RMK Isi Maulud dengan Adu Jurus

0
SHARE
SILAT CILIK: Dua pesilat cilik beraksi di atas panggung seni Rawa Mekar Jaya saat peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, kemarin.

SERPONG-Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW biasanya digelar dengan ceramah agama. Namun, di Jalan Ambon No.7 Nusa Loka sektor 14, Rawa Mekar Jaya, Serpong digelar berbeda. Mereka, memamerkan aksi adu jurus pencak silat dalam memperingati maulid Nabi Muhammad.

Acara tersebut adalah Pentas Seni Pencak Silat dan wayang golek. Acara yang berlangsung sekitar 5 jam tersebut diikuti oleh lebih kurang 90 padepokan yang berada di Tangsel.

Wakil Ketua Padepokan Cimande Pusaka Tari Kolot, Nur Jaya Bartek mengatakan, acara yang mereka gelar bukan hanya memeperingati maulid Nabi Muhammad SAW. Namun, juga bertujuan untuk mengenalkan budaya Betawi kepada masyarakat.

“Saya berharap agar anak-anak muda Zaman sekarang agar lebih termotivasi untuk melestarikan budaya Betawi dan menjaga agar tidak hilang seiring kemajuan teknologi,” ujarnya, Senin (24/12).

Laki-laki berkumis tipis itu menambahkan, banyaknya pergaulan bebas membuat anak muda kurang termotivasi untuk mengikuti kesenian Betawi. Kebanyakan anak muda lebih gemar budaya asing.

“Saya berpesan kepada seluruh anak muda agar lebih menjaga dan melestarikan budaya kita. Karena jika bukan kalian maka siapa lagi yang akan meneruskan perjuangan kami,” tambahnya.

Nur Jaya juga menjelaskan, di tanggal 30 akan ada kejuaran pencak silat yang digelar di Tangsel. Ia berharap, pemerintah ikut serta dalam melestarikan budaya Betawi, tidak hanya fokus pada pembangunan fisik. “Karena kerifaan lokal itu berada pada budayanya, bukan infrastrukturnya,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu bocah yang menjadi peserta dalam kegiatan itu, Cindy (5) mengatakan, sering mengikuti acara semacam itu. Ia termotivasi untuk mengikuti kejuaran sampai tingkat nasional. “Aku pengen ikut kejuaraan sampai tingkat nasional biar terkenal,” ujarnya tersipu malu. (mg-4)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here