Home TANGERANG HUB Eks Galian Pasir Jadi Situ Lengkong

Eks Galian Pasir Jadi Situ Lengkong

1
SHARE
MULAI RAPI: Galian pasir yang direvitalisasi menjadi Situ Lengkong yang dikerjakan sejak Februari 2018 mulai terlihat rapi, Senin (21/1). FOTO: Dwiki Darmawan/Tangerang Ekspres

SERPONG UTARA-Kecamatan Serpong Utara kini memiliki tambahan situ baru. Yakni, eks galian pasir yang dibangun menjadi Situ Lengkong. Lokasi situ ini, membelah dua kelurahan. Yakni Lengkong Karya Lengkong Wetan.

Tahap awal revitalisasi situ kini sudah memasuki tahap finishing. Proyek yang digarap sejak Februari 2018 itu, telah mengubah kubangan yang dulunya bekas galian C kini berubah menjadi situ.

Lurah Lengkong Karya, Ahmad Bahrudin mengatakan, situ yang dibangun di perbatasan dua wilayah itu akan menjadi tempat wisata yang dapat dinikmati oleh warga lokal ataupun pendatang.

“Pastinya tempat ini akan menjadi tempat wisata baru yang mungkin dapat mengalahkan situ-situ lain karena ukurannya yang sangat besar,” ujarnya, Senin, (21/1).

Ahmad menambahkan, dalam proses pembangunan yang dilakukan Pemkot Tangsel, Kelurahan Lengkong Karya mendapatkan tugas sebagai pengawas lapangan dalam proyek tersebut.

“Kami hanya bertugas sebagai pengawas lapangan, jadi kami harus sesering mungkin turun ke lapangan untuk dapat mengecek kinerja dari para pekerja,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut Ahmad menjelaskan, situ yang sedang dikerjakan Pemkot Tangsel tersebut memiliki luas yang lebih besar dari situ Pondok Jagung memiliki bentuk yang berkelok.

“Setu Lengkong ini memiliki luas sekitar delapan hektare yang terbagi atas Kelurahan Lengkong Karya dan Lengkong Wetan dan bentuknya berkelok-kelok seperti ular,” jelasnya.

Sementara itu penjual buah tak jauh dari lokasi Situ Lengkong, Yuyun (34) mengatakan, tadinya situ yang sedang dibangun itu hanyalah sebuah galian pasir yang tidak terurus.

“Dulu tempat ini adalah galian pasir yang tidak terurus banyak rumput liar dan lebih seperti hutan,” ujarnya.

Yuyun menambahkan, banyak hal negatif yang sering terjadi di tempat tersebut sebelum dilakukan revitalisasi dan pembangunan situ.

“Dulu banyak anak nongkrong gak jelas, pacaran, sampai pernah ada kejadian pembunuhan di tempat ini. Tapi, semoga dengan dibangunnya situ ini dapat menjadi tempat yang lebih bermanfaat kedepannya,” tambahnya.

Yuyun juga berharap, agar nantinya tempat ini mejadi tempat wisata bagi masyarakat Lengkong dan memiliki fasilitas pendukung seperti tempat olahraga.

“Harapannya sih tempat ini ramai dan menjadi tempat wisata agar masyarakat lengkong gak perlu pergi jauh-jauh untuk dapat jalan-jalan atau sekadar bersantai menikmati udara pagi,” harapnnya. (mg-4)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here