Home PENDIDIKAN Mengenal Lebih Dekat Polisi, TK Nurul Huda Jatake Kunjungi Polsek

Mengenal Lebih Dekat Polisi, TK Nurul Huda Jatake Kunjungi Polsek

0
SHARE
INTERAKSI: Anggota Polsek Jatiuwung berinteraksi dengan siswa TK Nurul Huda Jatake, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang saat mereka mengunjungi Mapolsek Jatiuwung. FOTO: Mas Deden Budiman/Tangerang Ekspres

JATIUWUNG – Puluhan siswa dan siswi TK Nurul Huda Jatake, Kecamatan Jatiuwung mengunjungi Polsek Jatiuwung, untuk mengenal berbagai kegiatan dan aktivitas, serta apa saja yang ada di dalam kantor kepolisian. Mengangkat tema “Polisi Sahabat Anak, Sahabat Kita dan Sahabat Selamanya”, mereka berbakaian ala polisi cilik.

Dalam kesempatan itu, Kanit Bimas Polsek Jatiuwung, Iptu Pah Yani, bersama anggota menyampaikan penyuluhan dan sosialisasi khusus, kepada anak-anak terkait tugas fungsi kepolisian. “Dalam kegiatan ini disampaikan sosialisasi tentang tertib berlalu lintas seperti rambu-rambu lalu lintas dan cara menyeberang jalan supaya aman,”kata Iptu Pah Yani, saat mendampingi anak-anak TK Nurul Huda Jatake, kemarin.

Selain itu juga dilakukan sosialisasi tentang tugas fungsi Kepolisian sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat serta penegak hukum. Hal ini dilakukan lanjut Iptu Pah Yani, agar anak tidak merasa takut kepada polisi. Karena banyaknya orangtua ataupun ibu-ibu yang menakut-nakuti anak-anaknya dengan polisi.

Kata Iptu Pah Yani, pola penyampaian sosialisasi dari kepolisian kepada anak-anak dilakukan dengan cara yang humanis, serta menyenangkan diselingi dengan nyanyian dan permainan, agar anak-anak mudah memahami apa yang disampaikan. “Anak-anak terlihat ceria dan senang,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, kunjungan ini akan memberikan pengetahuan dan wawasan bagi anak anak seputar tugas dan kewajiban anggota polisi. “Seperti di lalu lintas, dia nanti bisa mempengaruhi orang tuanya untuk menjadi tertib lalu lintas, dengan adanya tertib lalu lintas, maka angka kecelakaan akan menurun,” jelasnya.

“Intinya saya menunjukkan kepada anak-anak jangan sampai dia itu melanggar hukum. Baik itu tentang lalu lintas maupun hukum yang lainnya,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala TK Nurul Huda Jatake, Sarpunnajah menjelaskan, tujuan kunjungan ini adalah untuk mendekatkan anak-anak dengan polisi. Karena menurutnya, stigma yang diketahui adalah polisi adalah orang yang menakutkan bagi anak anak.

“Ya intinya bagaimana berperilaku baik, berkarakter baik, selayaknya polisi yang bukan lagi sebagai momok, tapi sebagai pahlawan, itu yang kami tanamkan kepada anak anak, bahwa polisi juga pahlawan bagi kita,” jelas Sarpunnajah. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here