Home TANGERANG HUB Cegah DBD, Bagikan Bibit Lavender

Cegah DBD, Bagikan Bibit Lavender

0
SHARE
PASIEN DBD: Dua anak mendapatkan perawatan intensif di salah satu puskesmas rawat inap di Kota Tangsel, beberapa waktu lalu. FOTO: Dok. Tangerang Ekspres

SETU-Camat Setu Heru Agus Santoso bersama dengan Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany menyatakan perang terhadap Demam Berdarah (DBD) hal itu dibuktikan dengan memberikan bibit Bunga Lavender kepada warga Setu yang hadir dalam kegiatan Musrenbang Setu, Senin (18/2)

Karena Bunga Lavender dipercaya ampuh mengusir nyamuk, Bahkan, merk-merk ternama lotion anti nyamuk atau obat nyamuk bakar memakai bahan dari bunga ini.

Camat Setu Heru Agus Santoso, menjelaskan, sebanyak 200 bibit bunga dibagikan. “Pencegahan lebih diutamakan daripada pengobatan,” katanya sambil mengatakan bibit bunga itu dia dapatkan dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel dengan mengajukan permohonan proposal untuk bibit tersebut.

Ia menyadari resiko DBD yang cukup tinggi. Apalagi habitat nyamuk Aedes Aegypti berada di air yang jernih. Bukan dilingkungan yang kotor. Untuk itu, ia juga menghimbau warganya untuk selalu menjaga kebersihan dan mencegah air jernih tergenang. Warganya pun diminta rutin melakukan 3M yakni Menguras, Menutup dan Mengubur.

“Kita memberikan bibit lavender agar masyarakat menanamkan dipekarangan rumah mereka,”ungkapnya.

Heru mengatakan, Lavender merupakan tumbuhan dari jenis rumput-rumputan, semak pendek dan semak kecil. Tumbuhan ini termasuk jenis tumbuhan menahun. Selain sebagai tanaman hias, lavender juga dijadikan ekstrak minyak esensial untuk aroma ataupun parfum ruangan. “Lavender dapat mengusir nyamuk dan baunya harum,”jelasnya.

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, menjelaskan, Ada pohon-pohon tertentu yang tidak disukai nyamuk, seperti lavender, untuk itu Pemkot melalui Kecamatan Setu membagikan bibit tersebut kepada warga.

Sebagai langkah awal, Airin menyebut telah membagikan beberapa jenis tanaman pengusir nyamuk kepada masyarakat. Hal itu menjadi langkah Pemkot Tangsel menyosialisasikan adanya tanaman-tanaman yang bisa mengusir nyamuk. (hms/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here