Home BANTEN 4 Balon Rektor Untirta Ditetapkan

4 Balon Rektor Untirta Ditetapkan

0
SHARE
PENENTUAN BALON: Puluhan senat Untirta melakukan rapat tertutup untuk menyaring calon balon menjadi balon di Untirta Serang, Kota Serang, Rabu (13/3). FOTO: Panitia Pilrek Untirta for Banten Ekspres

SERANG – Panitia Pemilihan Rektor (Pilrek) Periode 2019-2023 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Serang telah menentukan empat bakal calon (balon) rektor. Penetapan itu dilakukan  oleh Senat Untirta pada Rabu (13/3). Keempat balon tersebut diantaranya Fatah Sulaiman (Wakil Rektor I), kemudian Agus Ismaya dan Tb Ismail (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), dan Suherman (Fakultas Pertanian). Sementara satu dosen dari UI, Profesor Ibnu Hammad dan Ranthy Pancasasti dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis gugur dalam tahap penyaringan.

Sekretaris Panitia Pilrek 2019, Hadi Wahyudi mengatakan keempat balon tersebut lolos karena telah memenuhi semua syarat untuk menjadi rector. Sementara dua lainnya gugur karena tidak dapat memenuhi persyaratannya. Ranthy gugur karena tidak memenuhi dua syarat administrasi.

“Untuk Ranthy pertama jabatan akademiknya masih lektor, sementara yang syarat minimumnya yaitu lektor kepala, satu lagi karena beliau belum pernah menjadi ketua jurusan yang menjadi syarat minimumnya, sementara beliau hanya pernah jadi ketua lab saja dan itu masih di bawah ketua jurusan,” katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon seluler, Kamis (14/3).

Sementara itu, untuk Akademisi UI, Ibnu Hamad gugur karena tidak memenuhi satu syarat yaitu tidak melaporkan harta kekayaannya. “Sampai waktu hari terakhir pendaftaran kita minta beliau untuk memenuhi persyaratannya, dan sampai terakhir belum melengkapi satu itu,” ujarnya.

Dia menjelaskan langkah berikutnya yaitu penyampaian visi, misi, dan program kerja dari empat balon rektor tersebut dalam rapat senat terbuka. Rapat itu akan dihadiri oleh seluruh anggota senat sebanyak 38 orang, institusi dari luar, pemerintah daerah, perusahaan, alumni hingga internal kampus baik perwakilan dosen maupun mahasiswa.

“Penyampaian visi, misi, dan program kerja ini akan dilaksanakan tanggal 10 April mendatang, sesuai dengan jadwal yang telah kami tentukan,” tuturnya.

Kemudian, dua hari setelahnya, yaitu tanggal 12 April dilakukan rapat internal oleh senat untuk memilih tiga calon rektor, yang mana hasilnya akan dilaporkan ke Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti RI).

“Tiga calon nanti dilaporkan dan nanti setelah lebaran akan pemilihan. Yang memilih itu sebanyak 20 orang dari Kemenristekdikti dengan total poin sebesar 35 persen, dan 38 orang senat sebesar 65 persen,” paparnya. (mg-03/tnt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here