Home BANTEN Harga Mobil Dinas Walikota Dinilai Fantastis

Harga Mobil Dinas Walikota Dinilai Fantastis

0
SHARE
MOBDIN WALIKOTA: Walikota Serang Syafrudin berada di mobdin-nya  yang seharga Rp1,62 miliar di Stadion Maulana Yusuf, Kota Serang, Jumat (15/3). FOTO: Herlin Saputra/Banten Ekspres

SERANG – Mobil dinas (mobdin) Walikota Serang Syafrudin berupa Toyota Land Cruiser Prado memiliki harga Rp1,62 miliar. Mobil itu dibeli dengan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Serang Tahun Anggaran (TA) 2019. Kendaraan dinas (randis) itu sudah diterima oleh orang nomor satu di Pemkot Serang tersebut.

Kepala Badan Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (BLPBJ) Kota Serang, Nopriadi Eka mengatakan pagu anggaran yang disiapkan untuk pengadaan mobdin Walikota Syafrudin sebesar Rp2,4 miliar dengan harga perkiraan sendiri (HPS) Rp2,12 miliar. Dari harga itu harga yang dibayarkan sebesar Rp1,62 miliar

“Sudah (ada), Land Cruiser Prado, datang barangnya beberapa hari lalu, saya lupa tanggalnya,” kata Nopriadi saat dihubungi wartawan, Sabtu (16/3) kemarin.

Ia mengatakan setelah pengadaan mobdin walikota, pihaknya akan kembali melakukan pengadaan mobdin Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin. “Tapi usulannya belum masuk ke kami, kalau randis pimpinan dewan saya belum tahu,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Kota Serang, Wahyu Papat JR mengatakan alokasi anggaran untuk pengadaan mobdin Walikota Serang senilai Rp 1,6 miliar tersebut dinilai fantastis. “Anggaran itu terlalu besar, sedangkan kebutuhan masyarakat masih banyak,” katanya saat dihubungi melalui telepon selulernya.

Sementara Akademisi Universitas Serang Raya (Unsera) Abdul Malik mengatakan mobdin yang mahal untuk walikota diperbolehkan, tetapi randis tersebut harus mampu menunjang kinerja Walikota lebih giat lagi dalam menciptakan Kota Serang sesuai visi-misinya. “Artinya randis yang mahal itu harus bisa menunjang kinerja walikota, bukan untuk gagah-gagahan, kan seperti itu, selama diperbolahkan di anggaran kenapa tidak kan,” katanya saat dihubungi melalui telepon selulernya.

Selain itu, kata dia, anggaran yang cukup besar untuk pengadaan randis itu jangan sampai berpengaruh terhadap anggaran lain yang berhubungan dengan masyarakat. Terlebih, Kota Serang masih dihantui dengan adanya gizi buruk dan persoalan lainnya. “Intinya selama itu menunjang kinerja kan pantas saja walikota memiliki kendaraan dinas baru, tapi jangan sampai yang lain terabaikan,” ujarnya. (mg-04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here