Home TANGERANG HUB Warga Mauk Serbu Baksos PPNI

Warga Mauk Serbu Baksos PPNI

0
SHARE
Ketua DPD PPNI Kabupaten Tangerang H Sayuti (kanan), beserta Camat Mauk Heru Ultari, memberikan materi tentang bahaya  HIV/ AIDS, saat HUT PPNI ke-45, Minggu (17/3). FOTO: Zakky Adnan/Tangerang Ekspres

MAUK – Ratusan warga Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, berbondong-bondong mengikuti kegiatan bakti sosial (Baksos) dalam rangka peringatan HUT Persatuan Perawat Indonesia (PPNI) ke-45, yang di pusatkan di SMPN 1 Mauk, Kecamatan Mauk, Minggu (17/3).

Acara yang diawali dengan senam aerobik dan prolanis untuk usia kronis ini, dihadiri oleh elemen masyarakat, yakni unsur Muspika Mauk, ormas, tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan pelajar.

Camat Mauk, Heru Ultari, sangat mengapresiasi kegiatan kemanusiaan di wilayahnya yang digelar oleh PPNI DPD Kabupaten Tangerang. Menurutnya, PPNI telah memberikan banyak sumbangsih terhadap layanan kesehatan, khususnya bagi masyarakat Kabupaten Tangerang.

“Dengan acara baksos ini, tentunya sangat membantu masyarakat, khusus untuk masyarakat Mauk,” kata Heru.

Kegiatan Baksos ini, lanjut Heru, disambut antusias warga yang ingin memeriksakan kesehatannya. “Alhamdulillah, antusias masyarakat sangat tinggi, dan kami juga sangat bersyukur karena kegiatan positif seperti ini, sangat membantu masyarakat terutama pemeriksaan kesehatan dan sunatan massal,” ungkapnya.

Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr. Ni Wayan Manik mengatakan, acara ini merupakan salah satu pengabdian kepada masyarakat dari Dinas Kesehatan dengan PPNI. Sebetulnya, jelas Manik, PPNI banyak sekali berperan bagi dunia kesehatan, karena mereka sebagai ujung tombak di lapangan.

“Selama ini, kami sudah bekerjasama dengan baik seluruh profesi termasuk juga dengan PPNI, bidan dan sebagainya. Harapan kedepan, kita lebih bisa berkolaborasi bersama bekerja bersama dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing dalam meningkatkan derajat kesehatan di Kabupaten Tangerang,” tegas.

Ia mengaku, Kabupaten Tangerang masih membutuhkan tenaga perawat untuk menunjang layanan kesehatan di seluruh puskesmas.

“Jumlah perawat kalau saya lihat tadi baru ada sekitar tiga ribuan perawat, jadi kalau kita secara proporsional sebetulnya masih dibutuhkan peran perawat di Puskesmas,” ujarnya.

Ketua DPD PPNI Kabupaten Tangerang, H.Sayuti menjelaskan, kegiatan yang mengangkat tema “Keluarga dan Masyarakat Hidup Sehat bersama Perawat” ini, menggelar berbagai acara, diantaranya, senam aerobik dan prolanis untuk usia lansia dan penderita penyakit kronis, sunatan massal, pengobatan gratis, keterampilan untuk anak-anak usia dini, serta penyuluhan kesehatan bahaya narkoba dan HIV AIDS untuk remaja yang bekerjasama dengan Dinas Sosial Kabupaten Tangerang.

“Kegiatan baksos yang kami laksanakan di HUT ke-45 pada tahun ini, untuk mendukung program Pemerintah Kabupaten Tangerang, dan meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat,” kata Sayuti.

Lokasi kegiatan baksos, ujar Sayuti, setiap tahunnya selalu berpindah-pindah wilayah, dan pada tahun ini berlokasi di wilayah Kecamatan Mauk. “Lokasi kegiatan setiap tahun keliling wilayah, tahun kemarin di wilayah Kecamatan Panongan, tahun ini di wilayah Mauk, dan untuk tahun depan kami mendapat masukan untuk dilaksanakan di wilayah Kecamatan Teluknaga,” pungkasnya. (zky/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here