Home TANGERANG HUB Gita Bahana Nusantara, Cetak Generasi Berkarakter

Gita Bahana Nusantara, Cetak Generasi Berkarakter

1
SHARE
KENALKAN GBN TERBAIK: Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel Taryono (kiri) mengajak dua orang anggota GBN Nasional asal Kota Tangsel saat pembukaan GBN Kota Tangsel 2019, Hotel Mercure, Alam Sutera, kemarin. FOTO: Miladi Ahmad/Tangerang Ekspres

SERPONG UTARA-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Tangsel menggelar ausidi Gita Bahana Nusantara (GBN) 2019, di Hotel Mercure, Alam Sutera, Serpong Utara. Event tahunan ini, dihelat Dindkbud untuk kedua kalinya. Tujuannya, guna mencetak generasi muda musikalitas yang berkarakter.

Kepala Dindikbud Kota Tangsel, Taryono mengungkapkan, acara ini penting dilakukan. Sebab, secara berjenjang GBN digelar hingga ke tingkat nasional. Selain itu, GBN juga bertujuan untuk mencari bibit musikalitas pada generasi muda.

“Tahun lalu dari Kota Tangsel masuk nasional. Hari ini kami hadirkan untuk berbagi pengalaman baik di provinsi maupun nasional. Termasuk untuk memberikan masukan kepada kami, yang kurang apa,” kata Taryono.

Di tempat sama, Kepala Bidang Kebudayaan pada Dindikbud Kota Tangsel, Iis Nurasih menambahkan, GBN tahun ini diikuti 27 peserta. Namun, peserta yang mendaftar sebelumnya ada 50 orang yang terdiri dari pelajar SMA dan mahasiswa.

“Dari mahasiswa ada dari UIN, Unpam, dan kampus lain. Sementara dari SMAnya ada dari SMA 2, SMA Saint Jhone Sma 2. Saint jhone,” katanya.

Pemilihan GBN ini, berdasarkan kategori usia. Yakni, umur 15-23 tahun. Sehingga, peserta dari SMA dan mahasiswa menjadi satu audisi untuk empat kategori. Yakni, kategori sopran, tennor, bass dan alto. Yang dilakukan peserta adalah melakukan olah vokal. Lagu yang dibawakan ada wajib dari juri dan lagu pilihan bebas.

“Yang dinilai itu seperti, bakat musikalitas, teknik prima, artikulasi prima, prestasi sekolah, sampai pada mengenal dan memahami budaya daerah,”katanya.

Dari jumlah peserta itu, lanjutnya, nanti akan dipilih empat terbaik. Yakni mereka yang paling unggul pada masing-masing kategori. “Setelah dilaksanakan oleh pemkot dilanjut ke provinsi. Dengan pembinaan kebudayaan daerah masing-masing,” imbuhnya.

Iis menambahkan, pada GBN 2018 Kota Tangsel berhasil mencetak prestasi. Yakni, dua GBN asal Tangsel masuk provinsi dan nasional. Mereka bahkan, bernyanyi di 17 Agustus 2018 saat Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Gita Bahana 2018 ada dikirim ke Istana Presisen untuk HUT RI, jadi anggotan paduan suara. Kita berharap, tahun ini kembali masuk,” tuturnya.

Lebih jauh dijelaskan Iis, tujuan dari GBN adalahuntuk mencetak generasi muda berkarakter, terhormat dan bermartabat. Dengan, menjunjung tinggi nilai-nilai budaya. Serta, terjalinnya rasa patriotisme di kalangan generasi muda.

“GBN penting untuk pembinaan kesenian nasional yang berkesinambungan,” katanya, seraya mengatakan, pada audisi GBN tahun ini juri berasal dari profesional dan pakar di bidang musik. Serta, orkestra pengiring dari salah satu stasiun televisi swasta nasional. (esa)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here